Sidak Pasar, Pemkot Makassar Temukan Produk Makanan Kedaluwarsa 

Masyarakat diimbau waspada saat berbelanja

Makassar, IDN Times - Tim terpadu Pemerintah Kota Makassar menggelar inspeksi mendadak (Sidak) di sejumlah pasar tradisional dan modern, Senin (17/12). Dalam sidak itu petugas menemukan sejumlah produk makanan dan bumbu olahan yang sudah habis masa berlakunya.

Dalam sidak tersebut Pemkot Makassar tidak hanya memeriksa bahan makanan yang dijual di pasaran. Tim juga menguji sampel berbagai produk pangan untuk mengetahui kandungan makanan.

“Yang diuji lab berbagai produk makanan pangan seperti bakso, sayur, cabai, hingga tahu tempe,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Makassar Sri Sulsilawati.

1. Sidak jelang tahun baru

Sidak Pasar, Pemkot Makassar Temukan Produk Makanan Kedaluwarsa IDN Times / Aan Pranata

Sidak Pemkot Makassar melibatkan sejumlah elemen, antara lain Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perikanan dan Pertanian, Dinas Kesehatan, Dinas Perdagangan, dibantu Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Salah satu lokasi sidak di Pasar Daya, kecamatan Biringkanaya.

Sri menyatakan sidak digelar secara berkala untuk memastikan keamanan produk makanan yang beredar di masyarakat. Sidak terbaru berdekatan dengan momen besar Natal dan Tahun Baru yang biasanya ramai dimanfaatkan orang berbelanja makanan.

“Kita mau pastikan produk olahan makanan dan produk pangan aman, sehingga bagaimana agar masyarakat aman berbelanja,” ujar Sri.

Baca Juga: BPOM Makassar Banyak Temukan Produk Tak Layak Makan di Parsel Natal

2. Kedaluwarsa sejak 2016

Sidak Pasar, Pemkot Makassar Temukan Produk Makanan Kedaluwarsa newhope.com

Dalam sidak, Pemkot menemukan sejumlah bahan olahan makanan yang habis masa berlakunya. Produk tersebut antara lain berupa makanan mi siap saji, kecap, susu, hingga bumbu penyedap rasa. Dari produk yang terpantau, ada yang telah kedaluwarsa sejak tahun 2016.

“Barang itu dicampurkan ke barang tahun 2018 yang mendekati masa kedaluwarsa. Mungkin untuk mengelabui petugas dan masyarakat,” ujar Sri.

Dalam sidak, Pemkot juga menguji sampel kandungan sejumlah produk makanan. Pemeriksaan untuk mengetahui ada tidaknya kandungan bahan pengawet seperti boraks atau pestisida. Sejuh ini belum ada temuan yang menonjol pada sampel bakso, cabai, tempe, dan beberapa produk lainnya.

3. Masyarakat diminta waspada

Sidak Pasar, Pemkot Makassar Temukan Produk Makanan Kedaluwarsa IDN Times/Nofika Dian

Barang-barang kedaluwarsa yang ditemukan petugas langsung dimusnahkan di tempat. Itu agar penjualnya tidak lagi mengedarkan barang ke masyarakat. 

Pemkot Makassar mengimbau masyarakat agar lebih berhati-hati dalam memilih bahan makanan yang dijual di pasaran. Mengecek masa kedaluwarsa biasanya mudah, karena sudah terpampang di bungkusan produk. Masyarakat diingatkan soal bahayanya dampak makanan kedaluwarsa terhadap kesehatan.

"Kan bahaya kalau dikomsumsi barang kadaluarsa, bisa kanker, diare bahkan keracunan,” kata Sri.

Topik:

  • M Gunawan Mashar

Berita Terkini Lainnya