Sah! Sulsel Dapat Tambahan 580 Kuota Haji Tahun Ini

Tambahan kuota diberangkatkan dalam tiga kloter

Makassar, IDN Times - Kementerian Agama mengalokasikan tambahan 580 kuota haji reguler untuk Provinsi Sulawesi Selatan pada pemberangkatan haji tahun ini. Sebelumnya Indonesia mendapatkan kuota tambahan dari pemerintah Kerajaan Arab Saudi sebanyak 8.000 orang, terdiri dari 7.360 jemaah haji reguler dan 640 untuk haji khusus.

Humas Kantor Wilayah Kemenag Sulawesi Selatan Mawardi Siradj mengatakan kuota haji tambahan langsung dimasukkan dalam jadwal pemberangkatan haji di Embarkasi Makassar.

"(Tambahan kuota) dua kloter lebih sedikit," kata Mawardi, Senin (5/6/2023)/

Alokasi kuota tambahan ditetapkan melalui surat Keputusan Menteri Agama Nomor 467 Tahun 2023, yang diteken Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Dalam SK itu, Jawa Timur mendapatkan tambahan kuota terbanyak, yaitu 1.300.

Baca Juga: Jadwal Berangkat Jemaah Haji dari 8 Provinsi di Embarkasi Makassar

1. Kuota tambahan untuk Sulsel lebih banyak dari SK Menag

Sah! Sulsel Dapat Tambahan 580 Kuota Haji Tahun IniIlustrasi jemaah haji asal Indonesia (IDN Times/Aan Pranata)

Mawardi mengatakan, menurut SK Menag tentang penambahan kuota, Sulsel mendapatkan alokasi 456. Namun akhirnya jumlah itu bertambah menjadi 580.

"Ada optimalisasi kuota provinsi lain yang tidak terpakai sekitar 124, jadi Sulsel dapat kuota tambahan 580," katanya.

2. Embarkasi Makassar berangkatkan 43 kloter plus kloter tambahan

Sah! Sulsel Dapat Tambahan 580 Kuota Haji Tahun IniMockup pesawat Garuda Indonesia di Asrama Haji Sudiang Makassar. (IDN Times/Aan Pranata)

Sebelumnya Embarkasi Makassar dijadwalkan memberangkatkan jemaah haji dalam 41 kloter. Dengan adanya tambahan kuota, jumlah kloter bertambah jadi 43. Selain itu ada satu kloter tambahan yang nantinya diisi bersama jemaah embarkasi lain.

Setelah adanya penambahan kuota, total pemberangkatan haji melalui Embarkasi Makassar sebanyak 16.922, termasuk petugas haji. Jemaah berasal dari Sulsel dan tujuh provinsi lain di Indonesia Timur, yaitu Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

3. Kloter Sulbar diterima, Maluku Utara dilepas

Sah! Sulsel Dapat Tambahan 580 Kuota Haji Tahun IniJemaah haji menunggu pemberangkatan di Asrama Haji Sudiang Makassar. (Dok. Kemenag Sulsel)

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) EMbarkasi Makassar memberangkatkan jemaah haji Kloter 16 melalui Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Minggu (4/6/2023). Kloter 16 terdiri dari jemaah asal Maros, Sulawesi Selatan, serta Maluku Utara. Pada waktu sama, PPIH menerima kedatangan jemaah haji Sulawesi Barat masuk ke asrama.

Khaeroni, Ketua PPIH Makassar mengatakan seluruh proses layanan terlaksana dengan baik. Setiap kloter memiliki jemaah haji dengan kekhasan tersendiri karena berasal dari daerah dan kultur yang beda beda, makanya penanganannya pun harus cermat dan menyesuaikan

"Terkadang Briefing dadakan dilakukan dengan sahabat dan mitra terbaik pelaksanaan haji, utamanya berkaitan dengan penyempurnaan layanan Jemaah haji lansia," kata Khaeroni.

Kloter 16 terdiri dari jemaah haji asal Kota Ternate dan Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, serta Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan dengan jumlah 393 orang.  Di Kloter ini terdapat 11 lansia yang menggunakan kursi roda. Sedangkan Kloter 17 berisi jemaah asal Sulawesi Barat, juga dengan jumlah 393 orang.

Baca Juga: Nenek 102 Tahun asal Parepare Naik Haji Tanpa Pendamping

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya