Pulang Bertahap, Jemaah Haji Sulsel Masih Utuh

Tiga anggota Embarkasi Makassar meninggal berasal dari Malut

Makassar, IDN Times - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Selatan Khaeroni bersyukur jemaah haji asal daerahnya masih utuh. Hingga pemulangan kelompok terbang pertama pada Kamis malam (28/7/2022), belum ada di antara jemaah yang meninggal.

Khaeroni yang juta Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi/Debarkasi Makassar menyambut kedatangan 383 peserta haji kloter pertama di Asrama Haji Sudiang Makassar, Kamis malam. Jemaah kloter pertama berasal dari Kota Makassar dan Parepare serta Kabupaten Soppeng. 

"Hari ini mungkin sayalah orang yang paling bahagia karena syukur Alhamdulillah jemaah haji asal Sulawesi Selatan masih utuh 100 persen. Semoga Kloter 2 dan seterusnya juga tetap dalam keadaan sehat walafiat sehingga dapat kembali ke Tanah Air dengan selamat," kata Khaeroni dalam keterangannya, Kamis.

Baca Juga: Jemaah Haji Kloter 1 Makassar Tiba di Asrama Sudiang

1. Jemaah Kloter pertama bebas dari COVID-19

Pulang Bertahap, Jemaah Haji Sulsel Masih UtuhTes swab antigen bagi jemaah haji yang kembali dari Tanah Suci. (Dok. Kemenag Sulsel)

Jemaah haji kloter pertama diterbangkan dari Jeddah Arab Saudi dengan pesawat Garuda Indonesia nomor penerbangan GA1201. Saat tiba di Asrama Haji Makassar Kamis pukul 18.00 Wita, mereka langsung dites swab antigen untuk mengantisipasi COVID-19. Hasilnya, semua dinyatkan negatif.

Khaeroni mengatakan, usai mengikuti pemeriksaan kesehatan, jemaah haji diarahkan ke Aula Arafah untuk proses penerimaan. Jemaah Kloter pertama terdiri dari 209 asal Kota Makassar, 61 dari Parepare 61, 119 dari Soppeng, plus empat petugas kloter.

"Selamat datang kembali di Tanah Air para tamu-tamu Allah. Semoga bapak ibu semua memperoleh predikat haji mabrur," ucap Khaeroni.

2. Tiga orang anggota Embarkasi Makassar meninggal

Pulang Bertahap, Jemaah Haji Sulsel Masih UtuhKepala Kemenag Sulsel, Khaeroni saat diwawancarai, Rabu (29/6/2022). IDN Times Sulsel/Dahrul Amri

Khaeroni mengatakan, Embarkasi Makassar memberangkatkan 7.230 orang pada musim haji tahun ini. Terdiri dari 7.156 peserta haji dan 74 petugas haji. Masa pemulangan haji berlangsung bertahap selama 17 hari, sejak 28 Juli hingga 13 Agustus 2022.

"Adapun jemaah haji Embarkasi Makassar (UPG) yang wafat di tanah suci hingga saat ini berjumlah tiga orang yang kesemuanya berasal dari Provinsi Maluku dan Maluku Utara," ucap Khaeroni.

3. Penyelenggaraan haji dianggap sukses

Pulang Bertahap, Jemaah Haji Sulsel Masih UtuhPenyambutan jemaah haji di Asrama Haji Sudiang Makassar. (Dok. Kemenag Sulsel)

Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika Sari yang turut menyambut jemaah kloter pertama menyampaikan terima kasih kepada PPIH Embarkasi Makassar. Sebab petugas disebut memberikan layanan terbaik kepada jemaah, baik saat pemberangkatan maupun pada  pemulangan.

"Mewakili masyarakat Sulawesi Selatan dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, saya ucapkan terimakasih kepada PPIH Embarkasi Makassar dan Kementerian Agama tentunya, karena atas kerja keras dan kerja ikhlasnya sehingga penyelenggaraan ibadah haji tahun ini dapat berjalan lancar dan sukses," kata Ina.

Baca Juga: 7.160 Orang Jemaah Haji Berangkat lewat Asrama Haji Makassar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya