Jemaah Haji Kloter 1 Makassar Tiba di Asrama Sudiang

Jemaah haji langsung menjalani tes antigen

Makassar, IDN Times - Jemaah haji dari kelompok terbang (Kloter) 1 tiba di Asrama Haji Sudiang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (28/7/2022). 

Kloter 1 yang diisi jemaah dari Makassar berjumlah 208 orang, Parepare 61 orang, dan Soppeng 119 orang. Serta 4 petugas Kloter. Mereka tiba sekitar pukul 18.05 Wita. 

"Alhamdulillah jumlah jemaah kloter satu ini berjumlah 393, mereka sehat semua," kata Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Makassar, H. Ikbal Ismail kepada wartawan di Asrama Haji Sudiang.

1. Jemaah langsung tes antigen

Jemaah Haji Kloter 1 Makassar Tiba di Asrama SudiangSalah satu maah haji kloter 1 ikuti tes antigen di Asrama Haji Sudiang Makassar, Kamis (28/7/2022). Dahrul Amri/IDN Times Sulsel

Diketahui, jemaah haji kloter 1 Makassar ini tiba di bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar di Kabupaten Maros. Jemaah dijemput dengan 11 bus oleh tim PPIH.

Saat tiba di Asrama Haji Sudiang, kata Ikbal, jemaah haji langsung diarahkan ke gedung utama untuk mengikuti penerimaan secara formal.

"Ini sementara pemeriksaan antigen, semoga saja dari hasil pemeriksaan semua jemaah kita sehat tidak ada terinfeksi covid, karena sebentar lagi ada acara formalitas untuk penerimaan para jemaah," jelas Ikbal. 

2. Tiga jemaah Debarkasi Makassar meninggal

Jemaah Haji Kloter 1 Makassar Tiba di Asrama SudiangSekretaris PPIH Makassar, H. Ikbal Ismail saat diwawancarai wartawan di asrama Haji Sudiang, Kamis (28/7/2022). Dahrul Amri/IDN Times Sulsel

Jemaah haji asal Debarkasi Makassar diisi jemaah dari delapan provinsi. Tercatat peserta haji meninggal dunia ada tiga orang. 

"Khusus untuk Debarkasi Makassar itu ada tiga orang, dua orang dari Maluku Utara dan satu orang dari Maluku," ungkap Ikbal. 

Baca Juga: Pendeta Amsal Yowei Antar Jemaah Haji Papua ke Asrama Haji Makassar

3. Empat jemaah haji kelelahan

Jemaah Haji Kloter 1 Makassar Tiba di Asrama SudiangBeberapa jemaah haji kloter 1 Debarkasi Makassar alami drop dan kecapean, Kamis (28/7/2022). Dahrul Amri/IDN Times Sulsel

Pantauan IDN Times Sulsel di Asrama Haji Sudiang Makassar, terlihat sebuah mobil ambulans PPIH Makassar mengantar empat sampai lima orang yang terlihat lemas atau drop.

Para jemaah tersebut terlihat digotong satu per satu, dua orang terlihat harus memakai kursi roda dari mobil ambulans ke gedung Poliklinik Asrama Haji Sudiang Makassar. 

"Jemaah ini dari Arab Saudi, ya, sudah drop memang, tapi alhamdulillah mereka sudah diatasi tim kesehatan, kecapean. Mereka ada empat orang hanya kecapean," terang Ikbal.

Baca Juga: 7.160 Orang Jemaah Haji Berangkat lewat Asrama Haji Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya