Polisi Tembak Begal Sadis Perampas 6 Sepeda Motor

Pelaku tidak segan melukai korban

Makassar, IDN Times - Anggota Reserse Mobil Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan menangkap seorang pelaku begal sadis yang kerap beraksi di kota Makassar. Pelaku bernama Basri, 23, ditangkap terkait dugaan perampasan sepeda motor di Jalan Mannuruki 2, Kecamatan Tamalate, Makasssar, pada November 2018.

Basri ditangkap di rumahnya di Tamalate, Makassar, pada Jumat lalu. Hasil interogasi dan penyelidikan oleh Kepolisian, menunjukkan dia sebagai pelaku sejumlah kasus begal atau pencurian dengan kekerasan lainnya.

“Berdasarkan informasi di lapangan, pelaku berada di rumahnya. Anggota kemudian menangkapnya dan dibawa ke Posko Resmob Polda Sulsel untuk pemeriksaan lebih lanjut,” kata Kepala Bidang Humas Polda Sulsel Kombes Dicky Sondani, Sabtu (16/2). 

Baca Juga: PN Makassar Bebaskan Bandar 4,3 Kilogram Sabu

1. Pelaku akui sepuluh kasus perampasan di jalan

Polisi Tembak Begal Sadis Perampas 6 Sepeda MotorIDN Times/Abdurrahman

Kepada aparat, pelaku Basri mengakui perbuatannya sepuluh kali merampas barang milik orang di jalan, antara tahun 2017 hingga 2018. Enam barang yang dirampas di antaranya berupa kendaraan sepeda motor, selebihnya berupa telepon genggam, kalung emas, dan laptop. 

Sepeda motor yang dibawa kabur, antara lain Honda CBR 150, dua Yamaha Mio J, dua Yamaha Mio Sporty, dan Honda Beat. Barang itu dirampas dari pemiliknya setelah diancam atau ditodong dengan senjata tajam.

“Salah satu korbannya pada November 2018 mengalami luka-luka hingga patah kaki,” kata Dicky.

2. Polisi menembak kedua kaki pelaku

Polisi Tembak Begal Sadis Perampas 6 Sepeda MotorIDN Times / Istimewa

Dicky menerangkan, petugas bermaksud mengembangkan penyelidikan dengan meminta Basri menunjukkan lokasi-lokasi penodongan. Namun, warga Kabupaten Jeneponto itu disebut berupaya melarikan diri, sehingga petugas mengeluarkan tembakan peringatan ke udara tiga kali. 

“Pelaku tidak menghiraukan sehingga petugas mengambil tindakan tegas dan melumpuhkan tersangka, mengenai kaki kanan dan kiri. Dia sudah dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis,” ujar Dicky.

3. Dua pelaku begal turut ditangkap di lokasi berbeda

Polisi Tembak Begal Sadis Perampas 6 Sepeda Motortelitec.com

Pada waktu hampir bersamaan, aparat Polsek Tallo, Makassar juga meringkus dua pelaku curas atau begal di Jalan Sunu. Dua pelaku, Oppi, 21, dan HA, 16, ditangkap setelah merampas telepon genggam pengendara di jalan. Saat beraksi, keduanya berbagi peran sebagai eksekutor dan pengemudi sepeda motor.

“Pelaku menghentikan sepeda motor korban kemudian mengancam menggunakan badik dan merampas handphone korban,” kata Kepala Sub Bagian Humas Polrestabes Makassar AKP Alex Dareda.

Baca Juga: Polrestabes Makassar Musnahkan Narkoba Bernilai Miliaran Rupiah

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya