PLN Resmikan Tim PDKB di Bulukumba dan Bone

Upaya memperkuat keandalan jaringan 20kV di Sulselrabar

Makassar, 18 Juli 2023 - PT PLN meresmikan Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) di Kabupaten Bulukumba dan Bone. Itu salah satu upaya meningkatkan keandalan jaringan 20kV di wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat (Sulselrabar).

PDKB merupakan unit dengan orang-orang pilihan. Mereka berkompeten bekerja dalam keadaan listrik bertegangan. Pasukan ini terlatih untuk pemeliharaan, perbaikan, dan penggantian isolator, konduktor maupun komponen lainnya pada jaringan listrik.

Para pekerja di unit PDKB memiliki kemampuan khusus dan berisiko tinggi untuk bekerja tanpa harus memadamkan aliran listrik. Berkat kerja keras PDKB, selama ini banyak masyarakat yang tetap dapat menikmati listrik meski terjadi gangguan dan pemeliharaan instalasi kelistrikan.

Baca Juga: PDKB, Tim Khusus PLN Bertaruh Nyawa agar Listrik Tetap Menyala

1. Menambah target jangkauan pemeliharaan jaringan

PLN Resmikan Tim PDKB di Bulukumba dan BoneGeneral Manager PT PLN UID Sulselrabar Moch. Andy Adchaminoerdin. (Dok. PLN UID Sulselrabar)

General Manager PLN UID Sulselrabar Moch. Andy Adchaminoerdin mengatakan
kehadiran dua Tim PDKB yang baru menambah target jangkauan pemeliharaan keandalan listrik menjadi 5.183 titik dengan estimasi 8.8 Juta kwh.

"Sebelumnya, target 2023 dengan enam Tim PDKB dari 6 UP3 hanya 4.589 titik dengan besaran 8.8 Juta kwh. Sehingga dengan tambahan UP3 Bulukumba dan Watampone (Bone) target titik pemeliharaan juga bertambah," ujar Andy.

Adapun enam Tim PDKB UID Sulselrabar yang ada sebelumnya dengan masing-masing total personil yakni PLN UP3 Makassar Selatan 18 orang, PLN UP3 Makassar Utara 8 personil, PLN UP3 Kendari 11 personil, PLN UP3 Mamuju 11 personil, PLN UP3 Parepare 11 personil dan PLN UP3 Palopo 11 personil.

2. PDKB menjangkau 2.154 titik kerja di Sulselrabar

PLN Resmikan Tim PDKB di Bulukumba dan BonePasukan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) jadi garda terdepan PLN menghadirkan pasokan listrik berkualitas. (Dok. PLN UID Suselrabar)

Hingga Juni 2023, enam Tim PDKB ini telah menjangkau 2.154 titik kerja dengan capaian 4.1 Juta kwh penyelamatan listrik atau setara Rp4,89 miliar lebih di ruang lingkup kerja PLN UID Sulselrabar.

Sementara Masing-masing Tim PDKB di Kabupaten Bulukumba dan Bone berjumlah delapan personil yang akan melakukan pemeliharaan jaringan 20 kV dengan metode berjarak.

Metode Berjarak adalah Prosedur pemeliharaan Jaringan 20 kV dalam keadaan bertegangan, dimana dilakukan oleh petugas PDKB yang dilengkapi dengan APD dan peralatan, menggunakan tangga dan stick berisolasi dengan jarak minimum kerja adalah 60 mm dari sistem distribusi yang bertegangan.

3. Tim PDKB PLN dibekali persiapan matang

PLN Resmikan Tim PDKB di Bulukumba dan BoneTim Pasukan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB). (Dok. PLN UID Sulselrabar)

 

Salah satu Tim PDKB Bulukumba, Andi Dede Hafizullah mengatakan dia bersama teman-temannya telah dibekali pelatihan selama 45 hari, bekerja melakukan penggantian isolator, pergantian jumper jaringan hingga trafo guna menjaga keandalan dan kontinuitas pasokan listrik tanpa padam bagi pelanggan.

“Semoga dengan adanya PDKB, bisa meningkatkan keandalan jaringan sekaligus meningkatkan pelayanan kepada pelanggan," ujarnya.

Baca Juga: PLN Siapkan SPKLU Pertama di Kawasan Wisata Malino Gowa

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya