Piala AFC: PSM Hadapi Home United Tanpa Persiapan Khusus

Tim Juku Eja siap tampil prima

Makassar, IDN Times - PSM Makassar menantang Home United di Stadion Jalan Besar Singapura, pada pertandingnan perdana kualifikasi Grup H Piala AFC, Rabu (27/2) besok. Pertandingan itu akan menandai kembalinya tim Juku Eja di kompetisi internasional, setelah terakhir bermain di Liga Champions Asia musim 2005.

Pelatih PSM Darije Kalezic senang timnya bisa mewakili Indonesia di kompetisi antar-klub Asia. Namun, bukan berarti timnya memiliki persiapan khusus menyambut ajang ini. Sebab bagi dia, PSM selalu serius menatap setiap pertandingan yang akan dihadapi.

"Pertandingan besok bagi kami sama pentingnya seperti pertandingan lain. Kami telah memainkan dua pertandingan di Piala Indonesia dengan baik, jadi besok kami pun berharap hasil yang baik," kata Kalezic di sesi temu pers jelang pertandingan, Selasa (26/2).

Baca Juga: PSM Makassar Boyong 20 Pemain ke Markas Home United

1. Kalezic optimistis bawa pulang poin

Piala AFC: PSM Hadapi Home United Tanpa Persiapan KhususIDN Times / Aan Pranata

Sebelum Piala AFC, Kalezic mengaku baru memimpin skuat PSM pada sepuluh sesi latihan. Dua pertandingan Piala Indonesia melawan Perseru pun jadi kesempatan bagi dia untuk menyusun kerangka tim.

Di sisi lain, Kalezic tidak tahu banyak dengan kekuatan calon lawan. Pelatih asal Bosnia hanya menganalisa kekuatan Home United dari rekaman dua pertandingan terakhir mereka, termasuk saat melawan Persija Jakarta. Namun, itu tidak menyurutkan kepercayaan diri untuk membawa pulang poin dari kandang lawan.

"Kami ingin melanjutkan penampilan berkualitas yang telah ditunjukkan. Kami ingin menunjukkan kekuatan kami, dan berharap hasil yang baik di lapangan. Karena penting untuk meraih capaian positif di pertandingan pertama," ucap Kalezic.

2. Rahmat dan kawan-kawan siap tampil prima

Piala AFC: PSM Hadapi Home United Tanpa Persiapan KhususIDN Times / Aan Pranata

Mewakili pemain PSM, winger M Rahmat menyambut pertandingan Piala AFC dengan percaya diri. Dia menyatakan, timnya telah menunjukkan perkembangan positif selama masa persiapan. Skuat, menurutnya, juga sedang dalam suasana kondusif sehingga diharapkan mampu tampil prima di lapangan.

PSM membawa 20 pemain ke markas Home United. Skuat dipimpin kapten asal Belanda Wiljan Pluim. Striker Finlandia Eero Markkanen yang mencetak enam gol dalam empat pertandingan pertamanya bersama PSM, juga siap jadi ujung tombak di lini depan.

"Dengan kerja sama tim, kami yakin akan meraih hasil maksimal besok," ucap Rahmat.

3. Tuan rumah antisipasi perlawanan PSM

Piala AFC: PSM Hadapi Home United Tanpa Persiapan KhususDok. PSM Makassar

Jelang pertandingan, pelatih Home United Saswaditama Dasuki memperkirakan pertandingan besok akan berlangsung sengit. Dia berkaca pada pertemuan dengan PSM di ajang pramusim 2018 lalu. Saat itu pertandingan yang digelar di Makassar dimenangkan PSM dengan skor 4-0.

Meski kedua tim banyak berubah dalam satu tahun terakhir, Dasuki menyatakan pertandingan akan tetap ketat hingga akhir.

"Pertandingan akan sulit. Kita tahu PSM pada dasarnya sangat kuat. Kita persiapkan tim dengan baik, karena seperti tahun lalu, ini tidak akan mudah," katanya.

Baca Juga: AFC Cup Bentrok dengan Piala Presiden, PSM Siap Menyurati PSSI

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya