Pengalihan Arus Demo 11 April di Makassar, Fly Over Ditutup

Polisi menyebut setidaknya ada 12 titik demo di Makassar

Makassar, IDN Times - Mahasiswa lintas kampus di Makassar, Sulawesi Selatan, berencana bergabung dalam aksi nasional demo 11 April, hari ini, Senin (11/4/2022). Warga Makassar hendaknya memperhatikan titik-titik lokasi demo untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas.

Kepala Seksi Humas Polrestabes Makassar AKP Lando K Sambolangi mengatakan, kepolisian telah mempersiapkan pengamanan unjuk rasa. Sebanyak 2.707 personel diturunkan untuk mengawal aksi demo 11 April.

Baca Juga: Ini Daftar Titik Demo 11 April di Makassar Hari Ini

Unjuk rasa disebut akan berlangsung di sejumlah lokasi. Antara lain Jalan Perintis Kemerdekaan, tepatnya di depan kampus Unhas.

Berikutnya, Jalan AP Pettarani meliputi Kantor DPRD Makassar dan kawasan bawah fly over. Di Jalan Sultan Alauddin massa akan terkonsentrasi di depan kampus Universitas Muhammadiyah Makassar dan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.

Selanjutnya, di Jalan Urip Sumoharjo, demo bakal berlangsung di depan kampus Universitas Bosowa, kampus Universitas Muslim Indonesia (UMI), dan Kantor Gubernur.

"Sekitar 12 lokasi titik aksi unras akan berlangsung di Kota Makassar, mengakibatkan sejumlah jalan di kota Makassar berpotensi macet," kata AKP Lando, Senin.

Berikut ini pengalihan arus lalu lintas yang disiapkan Satlantas Polrestabes Makassar. Kamu juga bisa memantau kepadatan arus lalu lintas secara berkala melalui aplikasi semacam Google Maps dan Waze.

Pengalihan Arus Demo 11 April di Makassar, Fly Over DitutupPengalihan arus di Makassar. (Satlantas Polrestabes Makassar)

Baca Juga: 11 April, Mahasiswa Makassar Demo Tolak Pemilu Ditunda

1. Untuk kendaraan dari Gowa dan Maros

Pengalihan Arus Demo 11 April di Makassar, Fly Over DitutupMahasiswa UMI Makassar berunjukrasa di depan kampus mereka di Jalan Urip Sumoharjo. IDN Times/Sahrul Ramadan

Jika massa pengunjuk rasa berkumpul di depan kampus-kampus di Jalan Urip Sumoharjo dan Jalan Sultan Alauddin, perhatikan rute berikut ini:

Untuk kendaraan dari arah Gowa, belok ke jalan Mallengkeri atau Syeh Yusuf untuk menuju ke pusat kota Makassar. 

Untuk kendaraan dari Maros, tempuh jalan tol untuk ke wilayah pusat kota Makassar. Bisa juga melalui jalan Bumi Tamalanrea Permai atau Tallasa City.

2. Jika massa berkumpul satu titik di fly over

Pengalihan Arus Demo 11 April di Makassar, Fly Over DitutupKemacetan di Jalan Pettarani Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin
  • Kendaraan arah Perintis Kemerdekaan menuju Urip Sumoharjo:
    • Jika massa tidak menutup fly over, kendaraan dari Timur ke Barat dan sebaliknya wajib naik flyover dua arah. Untuk jalur di bawah, fly over ditutup kanan dan kirinya.
    • Jika massa menutup fly over, maka menuju Jalan Taman Makam Pahlawan, Jalan Baitul Rahman, dan Jalan Racing Center, untuk bisa tembus ke Jalan Abdullah Daeng Sirua atau Jalan Adiyaksa tembus ke Jalan Boulevard.
  • Kendaraan dari Jl. AP Pettarani menuju fly over dialihkan ke Jalan Maccini Raya dan Jalan Abu Bakar Lambogo lanjut ke Jalan Kerung-kerung. Jika tidak ada gemo di depan Universitas Negeri Makassar (UNM), belok ke Jalan Pelita Raya atau Jalan Alauddin ke Barat.

3. Hindari kawasan fly over

Kendaraan dari arah Jalan Gunung Bawakaraeng, dengan simulasi fly over atas ditutup, maka harus melalui Jalan Veteran atau jalan kecil di sekitarnya, kecuali Jalan Maccini Raya yang akan dibuat satu arah dari Jalan AP Pettarani. Namun bila fly over atas tidak ditutup, maka bisa melalui atas sepenuhnya. Jika ingin ke AP Pettarani, harus memutar di depan putaran mengarah balik ke Jalan Racing Center.

Bila massa menutup penuh fly over bawah, maka pintu tol turun ke fly over bawah akan ditutup sehingga hanya melewati pintu keluar tol di depan Ditlantas Polda Sulsel di Jalan AP Pettarani. Bila depan kampus UNM ditutup, maka pintu tol turun ke depan UNM akan ditutup.

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya