Pendaftaran SBMPTN Mulai Dibuka, Ini Syarat dan Tahapannya

Portal pendaftaran mulai aktif Senin (10/6) pukul 14.00 Wita

Makassar, IDN Times - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mulai membuka pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2019, mulai 10 hingga 24 Juni 2019. Pendaftaran dibuka dengan syarat utama bagi siswa yang telah memiliki nilai ujian tulis berbasis komputer (UTBK), yang digelar sepanjang April dan Mei lalu.

Pendaftaran SBMPTN untuk 85 perguruan tinggi negeri se-Indonesia dilaksanakan secara dalam jaringan atau online. Para calon peserta dapat mengakses portal pendaftaran pada laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id atau https://pendaftaran-sbmptn-1.ltmpt.ac.id. Portal pendaftaran akan aktif mulai Senin (10/6) pukul 13.00 WIB atau 14.00 WITA.

Baca Juga: FOTO: Suasana Lebaran di Palu, Antara Air Mata dan Sukacita

1. Calon peserta bisa mendaftar dari mana saja

Pendaftaran SBMPTN Mulai Dibuka, Ini Syarat dan TahapannyaIDN Times/Istimewa

Karena pendaftaran SBMPTN dibuka dengan sistem daring, maka calon peserta tidak perlu datang ke kampus-kampus tujuan. Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Hasanuddin (Unhas) Prof Restu melaui siaran persnya mengatakan, portal pendaftaran dapat diakses dari mana saja. 

“Sepanjang ada komputer atau laptop yang terhubung dengan internet, calon peserta dapat melakukan registrasi dari mana saja. Jadi tidak perlu datang ke Unhas. Kami menerima laporan, ada yang tidak bisa konek. Memang, karena portalnya baru akan dibuka pada pukul 14.00 WITA,” katanya.

2. Tahapan pendaftaran hanya empat langkah

Pendaftaran SBMPTN Mulai Dibuka, Ini Syarat dan Tahapannyaunair.ac.id

Bagi calon peserta yang ingin mendaftar SBMPTN 2019, dapat langsung mengunjungi laman  http://pendaftaran-sbmptn.ltmpt.ac.id lalu masukkan kombinasi email dan kata sandi yang dipakai pada pendaftaran UTBK. Pada pendaftaran, setidaknya ada empat langkah yang harus dipastikan.

Pertama, kecuali peserta yang sudah terdaftar di SNMPTN 2019, isi biodata pada kolom tersedia. Kemudian pilih PTN dan program studi, dengan ketentuan bahwa pendaftar dapat memilih paling banyak dua PTN dan memilih paling banyak dua program studi.

Tahap selanjutnya, unggah borang portofolio bagi pendaftar yang memilih program studi bidang seni dan olah raga. Dan yang terakhir, unggah dokumen lain sesuai dengan persyaratan pendaftaran SBMPTN 2019.

3. Bukan untuk siswa yang lulus jalur SNMPTN

Pendaftaran SBMPTN Mulai Dibuka, Ini Syarat dan TahapannyaIDN Times/Aan Pranata

Sesuai informasi LTMPT, calon peserta SBMPTN harus memenuhi sejumlah persyaratan. Antara lain, bagi siswa SMA dan sederajat lulusan tahun 2017 dan 2018 harus sudah memiliki ijazah. Sedangkan lulusan SMA/sederajat tahun 2019 memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan pas foto berwarna terbaru yang bersangkutan.

Syarat utama lain, calon peserta memiliki nilai UTBK. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu proses studi, memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), serta tidak lulus jalur SNMPTN 2019. Biaya UTBK ditanggung oleh peserta dan subsidi pemerintah.

4. Unhas terima 3.770 mahasiswa baru lewat jalur SBMPTN

Pendaftaran SBMPTN Mulai Dibuka, Ini Syarat dan TahapannyaIDN Times/Abdurrahman

Pada tahun ini, Unhas menerima 3.770 mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN, yang tersebar pada 61 program studi. Jumlah ini merupakan 50 persen dari total daya tampung maba Unhas. Di luar itu, sebanyak 20 persen daya tampung telah diterima melalui SNPMTN, sedangkan sisanya 30 persen akan diterima melalui Jalur Mandiri.

Humas Unhas Ishaq Rahman mengatakan, calon peserta SBMPTN yang mendapat kendala terkait pendaftaran bisa mengakses sejumlah saluran resmi. Antara lain mengunjungi portal HelpDesk http://halo.ltmpt.ac.id dan http://halo.sbmptn.ac.id, atau dengan menghubungi nomor call center 0804 1 450 450.

Informasi resmi juga dapat diperoleh melalui Humas Unhas, melalui nomor WA 08117460411, email humas@unhas.ac.id, atau melalui akun sosial media resmi Unhas. "Kita ada Twitter, Instagram, LINE, dan laman Facebook," kata Ishaq.

Baca Juga: Usai Libur Lebaran, ASN Makassar Diminta Pacu Kinerja

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya