Pemprov Sulsel Sediakan Pemeriksaan Gratis Deteksi Dini Kanker Kulit

Pemeriksaan gratis dibuka selama satu bulan

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Unit Pelayanan Kesehatan Kulit, Kelamin dan Kosmetik (UPK) 4 Dinas Kesehatan menggelar pemeriksaan gratis untuk mendeteksi dini risiko kanker kulit.

Pelayanan dibuka di Kantor UPK4 Dinkes Sulsel di Jalan Veteran Utara Makassar, dari 16 Januari hingga 13 Februari 2023.

“Layanan ini gratis, masyarakat silahkan datang sesuai jadwal yang ada. Untuk memeriksakan kulitnya, selanjutnya diidentifikasi apakah ada potensi bahaya kanker atau tumor untuk selanjutnya jika ditemukan ditindaki secara medis,” kata Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, lewat keterangan persnya, Sabtu (21/1/2023).

Baca Juga: Kanker Kulit: Gejala, Penyebab, Diagnosis, Pengobatan

1. Identifikasi awal sebagai upaya pencegahan dini kanker kulit

Pemprov Sulsel Sediakan Pemeriksaan Gratis Deteksi Dini Kanker KulitGubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. Instagram.com/andisudirman.sulaiman

Gubernur mengatakan, kegiatan sosial pemeriksaan gratis selama satu bulan sebagai upaya deteksi kanker kulit. Sehingga orang yang mengalaminya bisa segera mendapatkan tindakan medis.

Deteksi dini diperlukan, sebab banyak orang tidak mengetahui jika jika benjolan atau tahi lalat yang berada di bagian tubuhnya bisa jadi adalah kanker atau tumor ganas. Sehingga perlu diidentifikasi lebih dini untuk dilakukan pencegahan dengan peralatan medis. 

2. Upaya memperkenalkan UPK4 ke masyarakat

Pemprov Sulsel Sediakan Pemeriksaan Gratis Deteksi Dini Kanker KulitIlustrasi pemeriksaan deteksi dini kanker kulit. (Dok. Humas Pemprov Sulsel)

Kegiatan pelayanan tersebut merupakan program Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan yang dicanangkan Gubernur Sulawesi Selatan dalam upaya menurunkan angka pasien kanker kulit. Berdasarkan data dari UPK4 Dinas Kesehatan Sulsel, catatan jumlah kunjungan pasien 22.000 pasien setiap tahun atau rata-rata 2.000 setiap bulan.

Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Rosmini Pandin, menyebutkan program ini untuk lebih memperkenalkan ke masyarakat terkait layanan yang terdapat di UPK4 Dinkes Sulsel.

“Sekaligus tentunya untuk peningkatan pelayanan yang dilakukan,”  sebutnya.

3. Kenali tanda tahi lalat yang bisa menjadi kanker kulit

Pemprov Sulsel Sediakan Pemeriksaan Gratis Deteksi Dini Kanker Kulitilustrasi perawatan kulit oleh dokter spesialis kulit atau dermatolog (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Salah satu dokter spesialis di UPK4 Dinkes Sulsel, dr. Thomas Utomo mengajak masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap kanker kulit. Salah satunya dengan mengenali tanda tahi lalat yang bisa ganas dan berubah jadi kanker kulit. Untuk itu perlu pemeriksaan lebih cepat.

Ada 5 (lima) hal yang perlu diperhatikan dengan aturan ABCDE untuk menilai tahi lalat. Pertama, yaitu Asymmetry jika bentuknya simetris berarti baik dan sebaliknya. Border, jika tepinya berbatas tegas, bagus dan rata berarti baik. Color, warna dari tahi lalat, jika banyak warna maka patut dicurigai.

Berikutnya, diameter atau ukurannya jika lebih besar dari penghapus yang ada pada pensil (0,6 cm) bukan tanda yang baik. Sedangkan Elevation/enlargement atau evolusi perubahan bentuk yang sangat cepat maka patut dicurigai.

“Jadi itu yang perlu diketahui oleh masyarakat umum pada lima tanda tadi. Diataranya kelihatan tambah besar dalam waktu cepat, warna berubah dan terdapat berbagai warna bukan cuma hitam. Maka silahkan periksakan ke dokter,” jelasnya.

“Di UPK4 kita punya alatnya namanya demoscope untuk menunjang diagnosis kita bisa lihat jauh lebih detail, baik tepi, warna dan pembuluh daerahnya,” tambahnya.

Baca Juga: Ikan Mati di Air Laut Hijau Selayar, DKP Sulsel Tunggu Hasil Lab

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya