Pemkot Makassar Tes Swab Dua Ribu Orang di Jalan, 55 Positif

Pemkot dan TNI-Polri menggelar swab on the road

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar mencegat dua ribuan orang di jalan untuk tes swab antigen, dan ditemukan 55 orang positif COVID-19.

Pemkot bekerja sama dengan TNI-Polri menggelar Swab On The Road sejak Kamis, 12 Agustus 2021 lalu. Pemerintah menggelara pemeriksaan antigen di empat titik, yakni Jalan Penghibur, Jalan Aroepala, Sudiang, dan Jalan Sultan Alauddin.

"Sejak 9 hari kami lakukan Swab On The Road, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan total diperksa sampai hari ini 2.089 orang dilakukan pemeriksaan antigen di sejumlah titik di perbatasan," kata Juru bicara Makassar Recover Dr. Natsir "Aloq" Desi, Jumat (20/8/2021).

Baca Juga: Blak-blakan Danny Pomanto soal Efektivitas Isolasi Apung di Makassar

1. Orang yang positif ditangani untuk penelusuran kontak

Pemkot Makassar Tes Swab Dua Ribu Orang di Jalan, 55 PositifTes swab bagi pengendara di Kota Makassar. Dok. Pemkot Makassar

Aloq mengatakan, rata-rata yang ditemukan positif berasal dari luar Kota Makassar. Setelah diperiksa lewata tes antigen, mereka kemudian menjalani tes swab PCR. Tim Covid Hunter juga langsung bertindak untuk menelusuri riwayat kontak erat.

"Kalau nanti positif, baru kita arahkan isolasi mandiri di rumah atau ke isolasi apung," ucapnya.

2. Program Swab On The Road tetap berjalan

Pemkot Makassar Tes Swab Dua Ribu Orang di Jalan, 55 PositifIlustrasi. ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Aloq mengungkapkan, tim Makassar Recover akan terus melanjutkan program Swab On The Road. Pada pelaksanaannya, tim mencegat orang-orang yang kedapatan tidak memakai masker untuk langsung menjalani tes antigen.

"Kita tidak boleh lengah, masyarakat harus terus protokol kesehatan 5M untuk memutus mata rantai COVID-19," kata Aloq.

3. Wali Kota ingatkan warga jaga protokol kesehatan

Pemkot Makassar Tes Swab Dua Ribu Orang di Jalan, 55 PositifWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto saat rakor terkait Makassar Recover di Balaikota Makassar, Selasa (9/3/2021). Humas Pemkot Makassar

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto mengingatkan masyarakat agar tidak henti menjaga diri dan orang sekitar dari COVID-19. Danny berharap penerapan protokol kesehatan seperti memakai masker selalu dijaga.

“Tak henti-hentinya saya mengingatkan untuk senantiasa menjaga kesehatan dan keselamatan semua orang. Mariki’ sama-sama terapkan protokol kesehatan agar pandemi ini bisa segera berakhir," kata Danny.

Baca Juga: Warga Makassar Antusias Ikut Vaksinasi, Pemkot Ajukan Tambahan Vaksin

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya