KPU Targetkan Rekapitulasi Pemilu di Makassar Selesai 7 Mei

Sesuai tenggat yang diatur dalam tahapan Pemilu 2019

Makassar, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar, Sulawesi Selatan, sejak Jumat (3/5) menggelar rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019 tingkat kota. Rekapitulasi digelar meski tahapan di tingkat kecamatan belum selesai seluruhnya.

Komisioner KPU Makassar Gunawan Mashar mengatakan, rekapitulasi tingkat kota merupakan tahapan sinkronisasi ulang hasil Pemilu dari tingkat TPS dan kecamatan. Rekapitulasi tingkat kota diharapkan bisa selesai paling lambat 7 Mei 2019, sesuai tenggat akhir pada Tahapan Pemilu.

“Alhamdulillah sejauh ini berjalan lancar. Harapannya, satu hari bisa diselesaikan rekapitulasi untuk tiga kecamatan,” kata Gunawan di Makassar, Sabtu (4/5).

Baca Juga: Sudah Coba? 5 Menu Buka Puasa Olahan Pisang yang Khas di Makassar

1. Delapan kecamatan didahulukan

KPU Targetkan Rekapitulasi Pemilu di Makassar Selesai 7 MeiIDN Times / Aan Pranata

Rekapitulasi penghitungan suara Pemilu tingkat Kota Makassar dimulai dengan memprioritaskan kecamatan yang telah lebih dulu selesai dan menyetorkan kotak suaranya. Hingga Jumat (3/5), delapan dari 15 rekapitulasi tingkat kecamatan yang sudah rampung, yakni Sangkarrang, Ujung Pandang, Wajo, Ujung Tanah, Makassar, Tamalanrea, Mariso, dan Bontoala.

Sesuai tahapan, rekapitulasi tingkat kecamatan dibatasi hingga hari ini (4/5). Sebelumnya diakui rekapitulasi berjalan lama karena banyaknya pengisian dokumen pada pemilu serentak dengan multi partai.

“Proses perekapan yang lama bukan hanya terjadi di Makassar, tapi juga di kabupaten/kota lain. Khususnya pada daerah dengan jumlah TPS yang banyak,” ucap Gunawan.

2. KPU buka ruang kritik selama proses rekapitulasi

KPU Targetkan Rekapitulasi Pemilu di Makassar Selesai 7 MeiIDN Times / Aan Pranata

Gunawan mengatakan, sejauh ini rekapitulasi belum diwarnai aksi protes yang signifikan. Namun kalau pun ada, pihaknya menganggap itu sebagai dinamika dalam proses demokrasi. 

KPU disebut terbuka atas kritik dan masukan, terutama dari Bawaslu dan saksi peserta pemilu. Apalagi rekapitulasi memang bertujuan untuk sinkronisasi data.

“Kalau ada dinamika kita persilakan, memungkinkan. Karena ini upaya memurnikan hasil Pemilu,” katanya.

3. Di Kecamatan Sangkarrang, Prabowo ungguli Jokowi

KPU Targetkan Rekapitulasi Pemilu di Makassar Selesai 7 MeiANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Pada rekapitulasi tingkat Kota Makassar, mulai terlihat sebaran hasil perolehan suara peserta pemilu di masing-masing kecamatan. Salah satunya Kepulauan Sangkarrang, kecamatan termuda di Makassar.

Di kecamatan ini terdapat 43 TPS dengan total 9.905 pemilih. Pada pemilihan presiden, terdapat 7.879 suara sah. Dari jumlah itu, pasangan calon presiden Prabowo Subianto - Sandiaga Uno unggul dengan 4.394 suara. Sedangkan Joko Widodo - Ma’ruf Amin 3.485 suara.

Baca Juga: Proses Rekapitulasi Suara di Makassar Berjalan Alot

4. Real count belum bergerak

KPU Targetkan Rekapitulasi Pemilu di Makassar Selesai 7 MeiIDN Times / Aan Pranata

Seperti diberitakan sebelumnya, real count yang ditampilkan laman KPU menunjukkan lambannya masukan data untuk Pemilu di wilayah Makassar. Sejauh ini untuk Pemilihan DPRD Kota, baru masuk data 1 dari 3.998 TPS.

Data Pemilihan DPRD Provinsi baru di angka 3,3 persen. Sedangkan untuk Pemilihan DPR RI datanya belum tersedia. Sedikit kemajuan pada data Pemilihan Presiden, karena data yang ditampilkan pada real count sudah 39 persen lebih.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya