Kebut Vaksinasi, Polres Maros Dirikan Posko di Masjid-masjid

Polisi memberikan vaksinasi gratis untuk jemaah tarawih

Makassar, IDN Times - Kepolisian Resor Maros, Sulawesi Selatan, mengebut vaksinasi untuk mengantisipasi lonjakan penyebaran COVID-19. Lewat kegiatan bertajuk Vaksinasi Presisi, Polres membangun posko vaksinasi di pelataran masjid-masjid utama.

Tim Vaksinasi Polres Maros memberikan pelayanan vaksin gratis kepada masyarakat dan jemaah salat tarawih. Antara lain di dua masjid terbesar, yakni Masjid Agung Ar Rahman dan Masjid Al Markaz Al Islami.

“Kita tahu bahwa saat ini kita berada di bulan Ramadan dan pemerintah sudah mengumumkan bahwa aktivitas di bulan Ramadan diberlakukan normal, maka penting bagi kita untuk kebut akselerasi vaksinasi kepada masyarakat," kata Kapolres Maros AKBP Fatchur, Rabu (6/4/2022).

Baca Juga: NFT di Mata Seniman Virtual Maros yang Karyanya Mendunia

1. Polisi targetkan vaksinasi seribu dosis per hari

Kebut Vaksinasi, Polres Maros Dirikan Posko di Masjid-masjidilustrasi vaksin COVID-19 (IDN Times/Aditya Pratama)

Posko vaksinasi didirikan dengan  target jemaah yang belum mendapatkan vaksinasi atau belum vaksinasi dosis lengkap. Vaksinasi diberikan secara gratis.

“Target kita setiap harinya,sekitar 500 sampai seribu dosis,” ucap Kapolres.

2. Optimalkan vaksinasi dosis ketiga

Kebut Vaksinasi, Polres Maros Dirikan Posko di Masjid-masjidPosko vaksinasi yang didirikan Polres Maros di masjid-masjid. (Dok. Istimewa)

Fatchur mengatakan, pihaknya akan mengoptimalkan vaksinasi dosis ketiga. Percepatan vaksinasi booster akan meningkatkan imunitas ataupun kekebalan masyarakat terhadap virus Covid-19. Sehingga masyarakat bisa semakin aman dan tenang menjalani aktivitas ibadah di bulan Ramadan hingga hari raya Idulfitri.

“Menghadapi bulan Ramadan saya minta akselerasi vaksinasi terus ditingkatkan khususnya vaksin booster ketiga. Sehingga pada saat rangkaian kegiatan ibadah di bulan Ramadan, kegiatan mudik semua dalam kondisi betul-betul memiliki kekebalan atau imunitas,” kata Kapolres.

3. Kapolres ingatkan pentingnya vaksinasi booster

Kebut Vaksinasi, Polres Maros Dirikan Posko di Masjid-masjidIlustrasi vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Kapolres Maros mengingatkan kepada masyarakat pentingnya melengkapi vaksinasi. Kapolres menyampaikan, apabila warga telah melengkapi vaksinasi di dosis II, maka akan memiliki kekebalan terhadap Covid-19 sekira 60 hingga 70 persen. Sedangkan masyarakat yang melanjutkan dengan suntikan dosis III atau booster, kekebalan imunitas terhadap virus corona akan meningkat sebesar 90 persen.

“Sehingga tentunya kita dorong bagaimana kita bisa mempercepat vaksin booster. Sehingga masyarakat kita mendapatkan imunitas kekebalan minimal 90 persen. Dan ini terus menerus harus kita lakukan,” ucap Kapolres.

Baca Juga: Vaksinasi COVID-19 Tidak Batalkan Puasa, Simak Penjelasan Kemenag

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya