Kebakaran Hutan Pinus Tala-tala di Maros Terkendali

Titik-titik api dipadamkan dua hari setelah mulai kebakaran

Makassar, IDN Times - Kebakaran hutan dan lahan pinus di Dusun Tala-tala, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros, sudah terkendali, Rabu (13/9/2023). Tim gabungan memadamkan titik-titik api di kawasan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung itu.

Pemadaman melibatkan berbagai unsur, dari aparat Kepolisian, TNI, BPBD, Pemadam Kebakaran, PMI, Dinas Sosial serta pihak kehutanan yaitu Manggala Agni KLHK Sulsel. Tim gabungan memadamkan api yang mulai menjalar sejak Senin (11/9/2023).

Baca Juga: Brimob Polda Sulsel Dikerahkan Padamkan Kebakaran Hutan di Maros

1. Api padam, tim gabungan tetap memantau di lokasi

Kebakaran Hutan Pinus Tala-tala di Maros TerkendaliUpaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Dusun Tala-tala, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros, Selasa (12/9/2023). (Dok. Istimewa)

Setelah upaya pemadaman selama dua hari, pada Rabu situasi dinyatakan terkendali. Tidak ada lagi titik api yang terpantau. Pemadaman dihentikan, namun tim gabungan masih berada di lokasi untuk memantau situasi.

"Untuk pemantauan dilokasi pasca kebakaran tetap dilakukan hingga dipastikan situasi benar benar aman dari kebakaran," ucap Ishak, Kepala Daerah Operasi Manggala Agni KLHK Sulawesi Ishak.

2. Berbagai peralatan pemadam diturunkan ke lokasi

Kebakaran Hutan Pinus Tala-tala di Maros TerkendaliUpaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Dusun Tala-tala, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros, Selasa (12/9/2023). (Dok. Istimewa)

Selama upaya pemadaman api di kawasan hutan pinus Tala-tala, tim gabungan menurunkan berbagai jenis alat pemadam. Di antaranya empat unit mobil pemadam, mesin pompa air, ekskavator, jet shooter, dan alat pendukung lainnya.

Pemadaman dipantau sejumlah pimpinan unsur yang terlibat. Di antaranya Kapolres Maros AKBP Awaludin Amin, Dandim 1422 Maros Letkol Arm Nicolas Sirilius, Danyon A Satuan Brimobda Sulsel AKBP Safari.

1. TN Babul apresiasi kerja keras tim gabungan

Kebakaran Hutan Pinus Tala-tala di Maros TerkendaliTim gabungan memadamkan api di kawasan hutan pinus Tala-tala, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros, Rabu (13/9/2023). Dok. Istimewa)

Kepala Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung T. Heri Wibowo mengapreasiasi tim gabungan yang memadamkan api di Tala-Tala. Dia menyebut keberhasilan mengendalikan api berkat kerja sama baik antar unsur yang terlibat.

“Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi Kepada Kapolres Maros, Dandim 1422, Kostrad, TNI AU, Sat Brimob Polda Sulsel, BPBD, Damkar, PMI, Manggala Agni KLHK Sulawesi, Dinas Sosial, pemerintah Daerah Kabupaten Maros serta seluruh personel yang terlibat atas dukungan dan kerjasama sehingga kebakaran hutan dan lahan pinus di Tala Tala dapat diatasi," katanya.

Baca Juga: Pemkab Maros Sebar 25 Mobil Tangki Air Bersih Antisipasi Kekeringan

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya