KBRI Apresiasi Kopiteori, Brand Lokal Makassar Tembus Singapura

Singapura jadi lokasi gerai kedelapan Kopiteori

Makassar, IDN Times - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Singapura mengapresiasi Kopiteori, UMKM brand lokal asal Makassar yang menembus pasar dunia. Baru-baru ini Kopiteori membuka gerai di Singapura.

Kopiteori di Singapura berlokasi di Jalan North Bridge 769. Gerai itu beroperasi pada hari Minggu sampai Kamis pada pukul 11 siang hingga 9 malam dan Jumat sampai Sabtu pada pukul 12 siang sampai 11 malam. Kopiteori menghadirkan warna dan pengalaman baru menikmati kopi Indonesia di Singapura.

Founder Kopiteori, Uncle Trian, menemui Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura, Suryo Pratomo, Jumat (27/10/2023). Pada pertemuan di Kantor KBRI di Singapura, Suryo menyampaikan banyak hal terkait perkembangan tren kopi di Singapura. Termasuk nilai kopi Indonesia mulai dari biji kopi sampai menjadi minuman yang siap dinikmati dengan nilai tinggi.

"Para pelaku UMKM yang membangun usaha dari yang kecil harus bisa berkembang dan menjadi besar, bukan malah menjadi kecil. Oleh karena itu, para pelaku UMKM tidak usah bersedih karena dari usah yang kecil tadi bisa menjadi besar," Ucap Suryo.

Suryo juga sempat mengunjungi gerai Kopiteori Singapura. Dia mengingatkan peran penting para pelaku UMKM di Indonesia untuk bisa berkembang sampai ke mancanegara. Terkait produk, dia menyampaikan hal penting lainnya seperti kemasan produk yang harus diperhatikan sampai dengan standar kebersihan makanan dan minuman.

"Yang harus terus dijaga dan dicek secara berkala adalah nilai makanan dan minuman serta kebersihan sesuai standar yang diterapkan oleh pemerintah Singapura," kata Suryo.

Baca Juga: 4 Minuman Kopi Terpopuler asal Indonesia Versi Taste Atlas

1. Upaya memperkenalkan cita rasa lokal dari Indonesia

KBRI Apresiasi Kopiteori, Brand Lokal Makassar Tembus SingapuraGerai Kopiteori Singapura. (Dok. Istimewa)

Founder Kopiteori, Uncle Trian menyatakan bersyukur dapat berkunjung ke KBRI Singapura. Di hadapan jajaran KBRI, Trian menjelaskan bahwa membuka outlet di Singapura adalah sebuah tantangan dan suatu sikap keberanian dalam membawa dan memperkenalkan cita rasa kopi lokal dari Indonesia.

Trian memeagang prinsip dari pepatah Makassar yaki, “sekali layar terkembang, pantang biduk surut ke pantai,” yang berarti “semangat kepribadian yang pantang mundur”. Trian menambahkan Kopiteori tidak hanya soal menikmati kopi saja tapi juga ikut memberikan edukasi lewat pelatihan terkait kopi melalui Uncle Trian Studi (UTS) dan diharapkan juga bisa terwujud di Kopiteori Singapura.

"Menjadi satu tekad kuat untuk Kopiteori agar terus maju menembus pasar dunia. Ini juga suatu bentuk dukungan nyata yang diberikan dalam memajukan UMKM," kata Trian.

2. Kopiteori didorong promosikan kuliner Makassar

KBRI Apresiasi Kopiteori, Brand Lokal Makassar Tembus SingapuraDuta Besar Republik Indonesia untuk Singapura, Suryo Pratomo (kanan) dan founder Kopiteori Uncle Trian (tengah). (Dok. Istimewa)

Dalam kunjungannya ke Kopiteori, KBRI di Singapura juga ikut memberikan masukan terkait ekspor kopi dan nilai ekspornya. KBRI Singapura akan mendirikan House Of Beans (HOB) yang merupakan proyek kerja sama antara KBRI untuk mempromosikan biji kopi Indonesia di Singapura.

Menurut Billy Anugrah selaku Trade Attache di KBRI Singapura, program pendirian House of Beans (HOB) juga bertujuan mendorong promosi kolaboratif kopi Indonesia. "Pendirian HOB ini akan diluncurkan pada November 2023 di Singapura. Adapun masukan lainnya terkait bagaiamana Kopiteori bisa benar-benar membawa cita rasa Indonesia khususnya Makassar selain kopi Torajanya yaitu makanan-makanan tradisional khas Makassar," papar Billy.

Sementara itu, Menurut Head Economic Department KBRI Singapura, Hastin A.B Dumadi, memberikan saran agar makanan khas Makassar perlu juga hadir sebagai teman minum kopi di Kopiteori. Tentu bukan hanya minuman namun ada produk makanan khas makassar yang bisa mewarnai menu di Kopiteori.

"Barongko, pisang epe, dan es pisang ijo juga sebaiknya dimasukkan dalam menu, biar menambah cita rasa khas lokal Makassar di Singapura," ucap Hastin.

3. Kopiteori berdiri sejak 2014, kini punya delapan gerai

Dalam perjalannya, Kopiteori adalah coffee shop merk lokal yang memberikan pengalaman tentang kopi. Gerai pertamanya hadir sejak 2014 berlokasi di Jalan Beruang Nomor 20 Kota Makassar.

Saat ini, Kopiteori terus konsisten memberikan yang terbaik dalam cita rasa kopi lokal, dan menjadikannya sebagai coffee shop yang selalu dituju bagi penikmat kopi di Kota Makassar, luar Pulau Sulawesi, sampai mancanegara. Kopiteori berkembang dari yang awalnya hanya satu outlet menjadi total delapan outlet di tahun 2023.

Terdapat tujuh outlet di Indonesia, enam di antaranya berada di Kota Makassar. Yaitu Kopiteori Beruang yang menjadi induk sekaligus lokasi produksi (roastery), Kopiteori New Chapter, Kopiteori Funtastic Four, Kopiteori Miniverse, Kopiteori Studio, Kopiteori x 3 Wisemonkeys dan Kopi Teori Seven di Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan.

Kopiteori yang telah menjadi pelopor tren kopi specialty di Kota Makassar telah terindeks dalam daftar coffee shop berlabel halal LPPOM MUI. Pada 13 September 2023, Kopiteori membuka outlet di luar negeri, yaitu di Singapura.

Baca Juga: [QUIZ] Dari Kopi Kesukaanmu, Kami Bisa Tahu Kepribadian Kamu Kayak Gimana

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya