Jemaah Kloter I Masuk Asrama Haji Makassar, Besok Terbang ke Madinah

Kloter pertama berisi 388 orang asal Kota Makassar

Makassar, IDN Times - Jemaah haji kelompok terbang pertama mulai masuk ke Asrama Haji Embarkasi Makassar, Selasa pagi (23/5/2023). Kloter I berisi 388 orang asal Kota Makassar.

Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Selatan Mawardi Siradj mengatakan, jemaah masuk asrama pukul 8.00 Wita dan diterima oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH).

"(Jemaah) diberikan penjelasan penting seputar layanan dan kegiatan selama di Asrama Haji, penjelasan dari kesehatan, maskapai, dan kepabeanan," kata Mawardi kepada wartawan, Selasa.

Baca Juga: Jadwal Berangkat Jemaah Haji dari 8 Provinsi di Embarkasi Makassar

1. Ada pemeriksaan kesehatan saat masuk Asrama Haji

Jemaah Kloter I Masuk Asrama Haji Makassar, Besok Terbang ke MadinahLayanan penerimaan jemaah haji kloter pertama di Asrama Haji Embarkasi Makassar, Selasa (23/5/2023). (Dok. Kemenag Sulsel)

Mawardi menerangkan, saat memasuki aula penerimaan, jemaah haji menerima sejumlah layanan dari PPIH. Di antaranya pembagian lembar akomodasi serta penyerahan gelang identitas dan living cost. Ada juga pemeriksaan kesehatan dan wanita usia subur.

Setelah itu, jemaah langsung diantar ke wismanya masing-masing oleh panitia dengan menggunakan kendaraan operasional asrama haji dan mengutamakan mobilisasi buat lansia. "Bila ada waktu Setelah jamaah istirahat panitia konsultan ibadah dapat memberikan bimbingan kepada jemaah di mesjid, di tempat manasik atau di mock up pesawat," kata Mawardi.

2. Kloter I Embarkasi Makassar terbang 24 Mei 2023

Jemaah Kloter I Masuk Asrama Haji Makassar, Besok Terbang ke MadinahMockup pesawat Garuda Indonesia di Asrama Haji Sudiang Makassar. (IDN Times/Aan Pranata)

Menurut data PPIH Embarkasi Makassar, jemaah haji Kloter I berisi 388 orang asal Makassar plus satu Tim Pembimbing Haji Indonesia (TPIH), satu Tim Pembimbing Ibadah Haji (TPIHI), dan tiga Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI).

Kloter I rencananya diterbangkan ke Madinah, Arab Saudi, pada pada Rabu dini hari (24/5/2023) pukul 2.45 Wita. Jemaah haji diterbangkan dengan pesawat Garuda Indonesia.

3. Pemberangkatan jemaah haji asal delapan provinsi, terbagi 41 kloter

Jemaah Kloter I Masuk Asrama Haji Makassar, Besok Terbang ke MadinahAsrama Haji Embarkasi Makassar mengurusi pemberangkatan haji asal delapan provinsi. (Dok. Kemenag Sulsel)

PPIH Embarkasi Makassar mengurusi pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji dari delapan provinsi tahun ini. Jumlahnya 15/935 termasuk petugas pendamping. Menurut data, jemaah terbanyak berasal dari 24 kabupaten/kota di Sulsel, yaitu 7.321.

Jumlah jemaah asal provinsi lain, masing-masing, Gorontalo 978, Sulawesi Tenggara 2.019, Maluku 1.086, Maluku Utara 1.076, Sulawesi Barat 1.453, Papua 1.076, dan Papua Barat 723.

Embarkasi Makassar memberangkatkan jemaah haji dalam dua gelombang. Sebanyak 20 kloter dalam gelombang pertama diberangkatkan bertahap menuju Madinah hingga 7 Juni 2023. Setelah itu dilanjutkan dengan pemberangkatan 21 kloter pada gelombang kedua yang berangkat menuju Jeddah.

Pemulangan haji melalui Debarkasi Makassar juga terbagi dalam dua gelombang dan 41 kloter. Pemulangan jemaah bertahap dari 4 Juli hingga 2 Agustus 2023.

Baca Juga: Kloter Pertama Jemaah Haji Embarkasi Makasssar Berangkat 24 Mei 2023

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya