Comscore Tracker

Gubernur Menolak Bahas Stadion Mattoanging, DPRD Cari Solusi Kebuntuan

Rencana memediasi Gubernur dengan YOSS tetap diupayakan

Makassar, IDN Times - DPRD Sulawesi Selatan mengupayakan mediasi antara Pemerintah Provinsi dengan Yayasan Olahraga Sulawesi Selatan (YOSS) soal kisruh pengelolaan GOR Mattoanging Makassar. Namun di sisi lain, Gubernur Nurdin Abdullah menegaskan tidak akan memenuhi pertemuan dengan pihak YOSS demi menjaga wibawa pemerintah.

Wakil Ketua Komisi E DPRD Sulsel Arum Spink menyatakan upaya memfasilitasi kedua pihak masih tengah diupayakan. DPRD mencari waktu yang tepat untuk menggelar pertemuan. Pimpinan Dewan juga baru akan menjalin komunikasi dengan Gubernur, baik secara formal maupun sebaliknya.

“Kita maksimalkan minggu ini. Kami optimistis hingga hari ini, upaya fasilitasi bisa berjalan baik,” kata Pipink -sapaan Arum Spink- di Makassar, Selasa (21/1).

1. Belum ada alternatif jika upaya mediasi buntu

Gubernur Menolak Bahas Stadion Mattoanging, DPRD Cari Solusi KebuntuanAnggota DPRD Sulsel Arum Spink. IDN Times/Aan Pranata

Gubernur Nurdin Abdullah sempat mengungkapkan kepada media bahwa pertemuan dengan YOSS tidak tepat. Dia menegaskan posisi GOR Mattoanging sebagai aset milik Pemprov, sedangkan hak pengelolaan YOSS telah dicabut.

Pipink menilai upaya mediasi masih mungkin terjadi. Dia yakin polemik Mattoanging bisa menemui jalan terbaik bagi masing-masing pihak. DPRD belum menyiapkan rencana alternatif jika upaya mediasi gagal.

“Saya juga akan menyampaikan ini ke pimpinan (DPRD), untuk mencari alternatif dan solusi kebuntuan jika ada. Karena posisi Dewan sebagai fasilitator, meneruskan permintaan YOSS,” ucap Pipink.

2. Gubernur diharap tidak menghadapkan pemerintah dengan masyarakat

Gubernur Menolak Bahas Stadion Mattoanging, DPRD Cari Solusi KebuntuanPenertiban aset Pemprov Sulsel Stadion Mattoanging oleh petugas gabungan / Sahrul Ramadan

Pada pekan lalu, DPRD Sulsel menggelar rapat dengar pendapat dengan menghadirkan pihak YOSS dan sejumlah pejabat Pemprov Sulsel. Rapat berakhir tanpa hasil karena semua pihak bersepakat menunggu kehadiran Gubernur Nurdin.

Legislator Fraksi Golkar Ince Langke menyebut sikap bijak Gubernur diperlukan dalam penyelesaian polemik Mattoanging. Dia berharap persoalan ini tidak berlarut-larut, terutama di tengah rencana Pemprov merenovasi stadion dan sarana olahraga lain di kawasan tersebut.

“Kalau pak Gub bilang pemerintah harus punya wibawa, saya sependapat. Dengan harapan wibawa pemerintah harus bisa dimanfaatkan untuk menyelesaikan masalah, dan sedapat mungkin menghindari posisi yang berhadap-hadapan antara pemerintah dan masyarakat,” kata Ince.

Baca Juga: Tolak Bertemu YOSS, Gubernur Sulsel Kekeh Eksekusi Stadion Mattoanging

3. Enggan bertemu, Gubernur ingin eksekusi dilanjutkan

Gubernur Menolak Bahas Stadion Mattoanging, DPRD Cari Solusi KebuntuanGubernur Sulsel Nurdin Abdullah. IDN Times/Asrhawi Muin

Sebelumnya diberitakan, Nurdin Abdullah menyatakan tidak akan mau menghadiri pertemuan dengan YOSS. Sebab stadion diklaimnya sebagai salah satu aset milik pemprov.

Nurdin berdalih, pemerintah memiliki harga diri sehingga tidak tepat jika ia melakukan pertemuan yang diminta oleh YOSS. Selain itu, Nurdin juga menegaskan akan tetap melakukan eksekusi untuk mengambil alih GOR Mattoanging Makassar. Meskipun di sisi lain, DPRD meminta agar tidak ada proses eksekusi selama proses hukum berlangsung.

"Masa saya menemui. Bukan saya yang harus ketemu dong. Masa kita yang ketemu padahal kita punya tanah. Tidak akan ketemu itu. Kita punya harga diri. Pemerintah harus punya wibawa," ucap Nurdin.

Baca Juga: Merunut Sejarah Stadion Mattoanging hingga Dikelola oleh YOSS

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya