F8 Makassar Ditunjang Listrik Tanpa Kedip PLN

Penyelenggaraan festival sama sekali tak menggunakan diesel

Makassar, IDN Times - PLN mendukung penyelenggaraan ajang Makassar International Eight Festival and Forum 2023 atau F8 Makassar dengan layanan listrik tanpa kedip (Zero Down Time). Festival F8 digelar di Anjungan Pantai Losari, Makassar pada 23 hingga 27 Agustus 2023, menghadirkan para pelaku kreatif dari berbagai bidang seperti musik, peragaan busana, makanan, dan sebagainya.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar), M. Andy Adchaminoerdin mengatakan, kesuksesan menghadirkan listrik tanpa kedip ini menjadi bukti bahwa PLN siap menjawab kebutuhan listrik dengan tingkat keandalan tinggi.

"Total daya listrik untuk mendukung acara F8 ini sebesar 607.900 VA. Untuk kenyamanan pengunjung yang hadir di acara F8 Makassar, kami menerjunkan sebanyak 20 personel bersiaga untuk menjaga pasokan listrik selama acara berlangsung,” ujar Andy dalam keterangannya, Selasa (29/8/2023).

Baca Juga: PLN: Kendaraan Listrik Hemat 80 Persen Dibanding Kendaraan BBM

1. F8 Makassar tidak menggunakan diesel sama sekali

F8 Makassar Ditunjang Listrik Tanpa Kedip PLNFestival F8 Makassar berlangsung dengan dukungan layanan listrik tanpa kedip dari PLN. (Dok. PLN UID Sulselrabar)

Andy menambahkan untuk kebutuhan acara sebesar F8 Makassar, PLN menyediakan Layanan Khusus Multiguna yang kebutuhannya bisa digunakan dan diatur sesuai kebutuhan pelanggan. Terdapat empat zona di lokasi F8 Makassar yang masing- masing memerlukan daya yang cukup besar untuk berbagai macam kebutuhan. Selama pelaksanaan energi yang digunakan murni dari listrik PLN dan tidak menggunakan diesel sama sekali. Energi listrik yang dipakai untuk mengaliri kios para tenant sampai panggung musik lebih bersih. Hal ini sekaligus merupakan bentuk dukungan untuk Program Net Zero Emission (NZE).

“PLN menyediakan Layanan Khusus Multiguna dengan daya sesuai dengan yang dibutuhkan F8 untuk menerangi zona satu hingga zona empat. Selama pagelaran F8 ini tidak menggunakan diesel sama sekali, sehingga energi yang digunakan untuk menerangi tenant hingga panggung murni dari listrik PLN. Ini menunjukkan komitmen kami untuk mendukung Program NZE di tahun 2060. Tercatat per Agustus 2023 bauran Energi Baru Terbarukan (EBT) di Sistem Kelistrikan Sulawesi bagian Selatan (Sulbagsel) sebesar 45,78%,” tambahnya.

2. Penyelenggara apresiasi dukungan PLN

F8 Makassar Ditunjang Listrik Tanpa Kedip PLNStan PLN di arena pameran Festival F8 Makassar di Pantai Losari. (Dok. Istimewa)

Navisha Mardatillah, Director Marketing F8, mengucapkan terima kasih pada pelayanan yang telah diberikan oleh PLN. Berkat dukungan kelistrikan yang diberikan PLN dari zona satu sampai dengan zona empat, maka acara F8 dapat berjalan dengan lancar.

“Bisa dilihat pada saat pelaksanaan, mulai dari area zona satu hingga empat, semua terang sekali. Tidak hanya dari penerangan di setiap zona, dari aspek – aspek produksi pun juga terbantu. Tentunya hal itu tak lepas dari support dan pelayanan PLN,” ujarnya.

3. PLN siap mendukung acara-acara besar

F8 Makassar Ditunjang Listrik Tanpa Kedip PLNPengunjung menjajal gokart dan hoverboard listrik yang disediakan di stan PLN pada festival F8 Makassar di Pantai Losari. (Dok. Istimewa)

 

Navisha juga berharap agar kolaborasi F8 dan PLN tetap terjalin baik kedepannya. Perhelatan besar seperti F8 ini terlaksana dengan sangat baik, di mana seluruh elemen masyarakat berkumpul menjadi satu, tentu membutuhkan support serta keandalan kelistrikan dari PLN.

“F8 dan PLN akan terus berkolaborasi, karena seperti diketahui F8 adalah acara besar di mana seluruh lapisan masyarakat berkumpul. Kami tentu akan membutuhkan support-support dari PLN untuk acara sebesar ini di kemudian hari, terkait aspek kelistrikan.”

Baca Juga: PLN Sulselrabar Nyalakan Listrik 449 Keluarga Tidak Mampu

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya