Empat Siswa Pengeroyok Petugas Kebersihan, Dipindahkan ke Sekolah Lain

Tiga di antaranya belum mengambil surat pindah

Makassar, IDN Times - Empat orang siswa SMP Negeri 2 Galesong, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, dipindahkan ke sekolah lain setelah terlibat pengeroyokan atas petugas kebersihan. Keputusan itu diambil pihak sekolah, meski para siswa telah dimaafkan dan bersepakat damai dengan korbannya, Faisal Faeng Pole.

Keputusan memindahkan para siswa berdasarkan hasil keputusan rapat kepala sekolah bersama guru-guru dan orang tua siswa. Kelakuan mereka dianggap telah melanggar peraturan sekolah.

“Kami sudah menyampaikan ke yang bersangkutan. Satu sudah pindah ke sekolah lain, tiga lainnya tinggal menunggu proses,” kata Kepala SMP Negeri 2 Galesong, Hamzah, Kamis (14/2).

1. Siswa diarahkan bersekolah di madrasah

Empat Siswa Pengeroyok Petugas Kebersihan, Dipindahkan ke Sekolah LainPixabay.com/sasint

Hamzah mengungkapkan, orang tua siswa yang dikeluarkan sudah diarahkan agar menyekolahkan anaknya di madrasah. Itu supaya mereka mendapatkan pembinaan agama, sehingga karakternya bisa terbentuk lebih baik. Dia berharap para siswa tidak mengulangi perbuatannya di kemudian hari.

Satu di antara siswa, kata Hamzah, telah diterima di madrasah tsanawiyah. Tiga lainnya ditunggu untuk mengambil surat pindah dari SMP Negeri 2 Galesong.

2. Pihak sekolah perbaiki sistem pembinaan moral siswa

Empat Siswa Pengeroyok Petugas Kebersihan, Dipindahkan ke Sekolah LainIDN Times / Istimewa

Penganiayaan yang dilakukan para siswa terhadap petugas kebersihan di lingkungan sekolah, menjadi bahan evaluasi SMP Negeri 2 Galesong, Takalar. Hamzah menyatakan pihaknya langsung berbenah usai kejadian itu, agar peristiwa serupa tidak lagi terjadi. Salah satunya dengan meningkatkan pendekatan spiritual dalam membina moral para siswa.

Menurut Hamzah, pendekatan spiritual akan dikedepankan agar karakter dan mental anak didik terhindar dari sifat tercela. Dalam hal ini pihak sekolah akan merangkul pemuka agama dan para orang tua siswa, agar pembinaan bisa berkesinambungan.

“Lewat pendekatan agama, kita ingin menekankan sikap menghargai satu sama lain. Jangan lagi terulang kembali yang seperti kemarin,” ucap Hamzah.

Baca Juga: Bersama Orang Tuanya, Siswa SMP Keroyok Petugas Kebersihan Sekolah

3. Kasus pengeroyokan telah berujung damai

Empat Siswa Pengeroyok Petugas Kebersihan, Dipindahkan ke Sekolah LainIDN Times / Istimewa

Diberitakan sebelumnya, kasus pengeroyokan empat siswa dan seorang dewasa terhadap petugas kebersihan di SMP Negeri 2 Galesong, Kabupaten Takalar, berujung perdamaian. Kedua pihak berdamai setelah korban, Faisal Daeng Pole memaafkan para pelaku.

“Kemarin sudah dipertemukan di Polsek. Kedua pihak sudah sepakat damai, disaksikan pihak sekolah dan pemerintah setempat,” kata Kepala Polres Takalar AKBP Gany Alamsyah, Selasa (12/2).

Daeng Pole dianiaya oleh empat orang siswa di pekarangan sekolah, Sabtu (9/2) lalu. Tak hanya siswa, ayah salah satu siswa ikut memukuli korban. Kejadian ini didahului kejadian Daeng Pole menampar salah satu siswa karena tak terima dicaci maki.

Dalam kesepakatan damai, pihak keluarga siswa menyatakan siap mengganti biaya pengobatan Daeng Pole. Sebab dia mengalami luka di bagian kepala akibat dipukuli gagang sapu. “Perdamaian ini sesuai kesepakatan mereka, tanpa ada tekanan dari pihak lain,” ujar Gany. 

Baca Juga: Diduga Aniaya Junior hingga Tewas, Taruna ATKP Makassar Ditangkap 

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya