Emak-emak Toraja Dukung Ganjar Nyapres, Ini Alasannya

Relawan Mak Ganjar gelar doa bersama masyarakat Torut

Makassar, IDN Times - Kelompok relawan perempuan pendukung Ganjar Pranowo, Mak Ganjar Sulawesi Selatan menggelaar doa bersama masyarakat di Kabupaten Toraja Utara, Senin (14/11/2022). Doa bersama sekaligus jadi ajang deklarasi dukungan bagi Ganjar sebagai salah satu kandidat calon presiden potensial di tahun 2024.

Koordinator Mak Ganjar Sulsel Siti Fatimah mengatakan, kegiatan diikuti ibu-ibu dari beragam latar belakang. Mereka menyelipkan doa agar mendapatkan pemimpin terbaik untuk menahkodai Indonesia ke depan.

"Setelah menelaah lebih jauh, ternyata ada satu nama yang kami rasa cocok untuk memimpin Indonesia dan mampu mensejahterakan rakyat Toraja Utara, yakni Ganjar Pranowo," kata Siti Fatimah dalam keterangannya yang diterima wartawan, Senin.

Baca Juga: Ditanya soal Pilpres, Ganjar Pranowo: Pilpres Opo? Kita Urus Tanaman

1. Karakter Ganjar jadi daya tarik

Emak-emak Toraja Dukung Ganjar Nyapres, Ini AlasannyaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Siti Fatimah mengungkapkan, emak-emak mendukung Ganjar karena Gubernur Jawa Tengah itu dianggap punya karakter positif. Ganjar disebut tokoh pemimpin dengan pembawaan jujus, santai, dan apa adanya.

Karakter tersebut, kata Siti Fatimah, seirama dengan slogan Ganjar selama ini, yakni, “Suara rakyat adalah suara Tuhan, tuanku ya rakyat dan jabatan cuma mandat."

"Pak Ganjar ini merupakan figur yang apa adanya, tangkas dalam menghadapi suatu permasalahan, inovatif, serta pendekatan humanis dengan masyarakat ini yang sangat kami sukai," dia menerangkan.

2. Ganjar diharapkan mengoptimalkan sektor pertanian dan perkebunan

Emak-emak Toraja Dukung Ganjar Nyapres, Ini AlasannyaIlustrasi perkebunan teh (ANTARA FOTO/Adeng Bustomi)

Siti Fatimah mengungkapkan, emak-emak di Kabupaten Toraja Utara hidup dengan mata pencaharian di sektor pertanian dan perkebunan. Ganjar dianggap punya kemampuan untuk memajukan kedua sektor itu untuk kesejahteraan masyarakat.

Dia mengatakan, selama memimpin Jateng, Ganjar menunjukkan berbagai keberpihakan terhadap petani. Ganjar antara lain mengoptimalkan program Kartu Tani agar memudahkan para petani mendapatkan pupuk bersubsidi. Ganjar juga membuka posko pelayanan pupuk bersubsidi untuk sektor pertanian dan perkebunan yang tersebar di 35 kabupaten/kota sebagai bentuk pengawasan agar penyalurannya tepat sasaran sekaligus sebagai upaya mewujudkan ketahanan pangan.

"Pak Ganjar selama ini menunjukkan perhatiannya terhadap sektor pertanian dan perkebunan lewat sejumlah program, seperti Kartu Tani, hingga yang terbaru beliau berhasil membangun 1.135 embung untuk irigrasi dan air bersih di Jateng," kata Siti Fatimah.

"Semoga program-program itu bisa diterapkan secara nasional agar pertanian dan perkebunan lebih maju dan sejahtera," dia menambahkan.

3. Butuh pemimpin yang mendorong kerukunan umat beragama

Emak-emak Toraja Dukung Ganjar Nyapres, Ini AlasannyaDeklarasi dukungan relawan Ganjar Pranowo di Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, Senin (14/11/2022). (Dok. IDN Times/Istimewa)

Orliana Sangka, salah satu pendeta yang memimpin doa bersama lintas agama mengungkapkan kesukaannya terhadap sosok Ganjar. Gubernur Jateng itu dianggap mendorong Kerukunan umat beragama dan toleransi. Orliana sendiri punya kenangan pribadi saat menghadiri sebuah musyawarah di salah satu gereja di Jateng, beberapa waktu lalu.

"Kami pernah mengadakan musyawarah besar di Semarang, kebetulan Pak Ganjar yang membuka acara dalam sinode (rapat). Sejak saat itu, saya merasa terpikat dengan Pak Ganjar. Saya berdoa kiranya kedepan apa yang menjadi cita-cita masyarakat untuk menjadikan Ganjar Presiden 2024 dapat terwujud," ucap Orliana.

Baca Juga: Musra II Makassar, Nama Prabowo hingga Anies Diserukan

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya