Comscore Tracker

Cuaca Ekstrem, 4 Penerbangan di Bandara Makassar Dialihkan

Pilot terkendala angin kencang, dan jarak pandang terbatas

Makassar, IDN Times - Hujan lebat disertai angin kencang di Kota Makassar, Minggu (12/1) berdampak pada transportasi penerbangan. Akibat cuaca ekstrem, setidaknya empat penerbangan pesawat dari dan ke Bandara Internasional Sultan Hasanuddin dialihkan.

Hujan melanda sebagian wilayah Kota Makassar dan sekitarnya sejak Sabtu (11/1) malam. Intensitasnya masih cenderung sedang dan lebat, hingga berita dihimpun Minggu (12/1) pukul 16.30 Wita. Dampak cuaca ekstrem terhadap penerbangan pesawat diinformasikan Airnav Indonesia Cabang Utama Makassar Air Traffic Service Center (MATSC). Pilot memilih mengalihkan penerbangan setelah berkoordinasi dengan operator.

"Mereka holding dikarenakan angin kencang dan jarak pandang rendah. Semoga dalam waktu dekat cuaca membaik ya," kata Yuyun Nugraha, Pelaksana Harian Deputi Perencanaan dan Evaluasi Operasi MATSC, saat dikonfirmasi, Minggu (12/1).

1. Tiga pesawat tujuan Makassar dialihkan ke bandara terdekat

Cuaca Ekstrem, 4 Penerbangan di Bandara Makassar DialihkanIDNTimes/Abdurrahman

Yuyun menyebutkan, setidaknya tiga pesawat tujuan Makassar batal mendarat di Bandara Sultan Hasanuddin. Pesawat dialihkan ke bandara terdekat, sembari menunggu kondisi di Bandara Sultan Hasanuddin memungkinkan untuk pendaratan.

Pesawat yang dialihkan, masing-masing milik maskapai Garuda Indonesia, Lion Air, dan Batik Air.

"Dua pesawat tujuan Makassar dialihkan ke Balikpapan, satu lagi dialihkan ke Kendari," kata Yuyun.

2. Satu pesawat Wings Air kembali ke Makassar

Cuaca Ekstrem, 4 Penerbangan di Bandara Makassar DialihkanWings Air. IDN Times/Hana Adi Perdana

Selain pengalihan pesawat, cuaca ekstrem juga membuat satu penerbangan dari Makassar batal ke bandara tujuan. Tidak disebutkan waktunya, pesawat Wings Air rute Makassar-Selayar kembali ke Bandara Sultan Hasanuddin.

Pesawat tujuan Selayar sempat mengudara, sebelum kembali ke bandara asal. Dalam dunia penerbangan, ini disebut return to base (RTB).

"Jadi, ada tiga pesawat dialihkan, dan satu RTB," ucap Yuyun.

Baca Juga: Jalur Pendakian Gunung Bulusaraung Sulsel Ditutup Akibat Cuaca Ekstrem

3. BMKG keluarkan peringatan dini hujan lebat

Cuaca Ekstrem, 4 Penerbangan di Bandara Makassar DialihkanANTARA FOTO/Yusran Uccang

BMKG Wilayah IV mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem di wilayah Sulawesi Selatan, pada Minggu (12/1). Sebagian daerah disebut berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat, disertai petir, kilat, dan angin kencang.

Peringatan dini juga berlaku untuk prakiraan cuaca Senin (13/1). Ada beberapa daerah yang disebutkan, yakni Barru, Pangkep, Maros, Makassar, Takalar, dan Gowa. Suhu udara berkisar 19-31 derajat celcius, dengan kecepatan angin 10-50 kilometer perjam.

Baca Juga: Nurdin Abdullah Imbau Masyarakat Sulsel Siaga Hadapi Cuaca Ekstrem

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya