Capaian Vaksinasi Sulsel 22 Persen, Terkendala Distribusi

Target vaksinasi di Sulsel untuk 7.058.141 orang

Makassar, IDN Times - Data Kementerian Kesehatan per Kamis siang (19/8/2021) menunjukkan sebanyak 1,5 juta lebih orang di Sulawesi Selatan mendapatkan vaksinasi COVID-19 dosis pertama. Jumlah itu mencapai 22,10 persen dari target 7.058.141 orang.

Untuk vaksinasi dosis kedua, jumlahnya baru 928 ribu orang lebih, atau 13,16 persen dari target.

Baca Juga: 8 Cara Efektif Melindungi Diri dan Keluarga dari COVID-19

1. Capaian vaksinasi bagi masyarakat umum masih rendah

Capaian Vaksinasi Sulsel 22 Persen, Terkendala Distribusiilustrasi vaksinasi (IDN Times/Herka Yanis)

Menurut data resmi Kemenkes, sudah ada 59.957 tenaga kesehatan di Sulsel yang mendapatkan vaksin. Jumlah itu melampaui target vaksinasi bagi 58.858 nakes. Capaian vaksinasi bagi petugas publik juga telah melampaui target, yakni sebanyak satu juta orang lebih untuk vaksin dosis pertama.

Namun di sisi lain, capaian vaksinasi bagi masyarakat umum masih rendah, yakni 7,38 persen dari 4,5 juta orang. Demikian juga capaian vaksinasi usia 12-17 tahun, yang baru 5,47 persen dari target 978.890 orang. Sedangkan vaksinasi lansia tercapai 12,13 persen dari target 753.919 orang.

2. Capaian vaksinasi terkendala distribusi vaksin

Capaian Vaksinasi Sulsel 22 Persen, Terkendala DistribusiIlustrasi distribusi vaksin COVID-19. IDN Times/Maya Aulia

Ketua Tim Konsultan COVID-19 Sulsel Prof Ridwan Amiruddin mengungkapkan bahwa antusiasme masyarakat untuk ikut vaksin sudah lebih baik. Namun, persoalannya ada pada distribusi vaksin. Suplai vaksin yang disiapkan pemerintah pusat belum memadai karena banyaknya negara yang berlomba-lomba memperoleh vaksin COVID-19.

"Sementara penduduk kita terlalu banyak, yakni sekitar 182 juta jiwa yang harus divaksinasi untuk dapatkan angka 75 persen, jadi masih cukup banyak yang dibutuhkan," kata Ridwan dikutip dari Antara, Kamis.

Pemerintah Provinsi Sulsel saat ini tengah gencar melakukan vaksinasi pada berbagai daerah melalui seluruh puskesmas di Sulsel, termasuk melibatkan pihak swasta dan instansi pemerintahan lainnya dalam mempercepat cakupan vaksinasi.

3. Sulsel Siapkan 5 Ribu Dosis Vaksin Moderna untuk Umum

Capaian Vaksinasi Sulsel 22 Persen, Terkendala DistribusiVaksin Moderna (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menyiapkan sekitar 5.600 dosis vaksin Moderna bagi masyarakat umum untuk mencegah penularan COVID-19. Moderna diberikan kepada warga yang belum pernah divaksinasi.

Ketua Kordinator Satgas COVID-19 Sulawesi Selatan dr. Arman Bausat mengatakan, vaksin Moderna tersebut merupakan bantuan dari pemerintah pusat yang memang ditujukan bagi masyarakat umum.

"Jadi ada dua jenis vaksin yang disiapkan ada Sinovac yang utama, tapi ada juga yang Moderna," kata Arman dikutip dari Antara, Kamis.

Arman mengatakan, vaksin Moderna akan diberikan kepada masyarakat yang belum pernah menjalani vaksinasi COVID-19. Sebab nantinya, mereka juga akan mendapatkan vaksin serupa pada dosis kedua.

"Jadi siapa saja boleh divaksin Moderna tapi yang belum pernah divaksin sebelumnya dan dua kali juga dengan interval satu bulan," ujarnya.

Baca Juga: Sulsel Siapkan 5 Ribu Dosis Vaksin Moderna untuk Umum

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya