Bupati Selayar Nonjobkan Tiga Pejabat Gara-gara Paskibra Kelaparan

Paskibra tidak diberi makan pada upacara bendera 17 Agustus

Makassar, IDN Times - Bupati Kepulauan Selayar M. Basli Ali menonjobkan tiga pejabat Pemerintah Kabupaten setempat. Penyebabnya adalah polemik Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) pada Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 2023 lalu, yang bertugas dengan kondisi kelaparan.

Pada upacara penurunan bendera 17 Agustus 2023 lalu, Paskibra bertugas tanpa diberi makan siang. Bupati kemudian merespons dengan memberi sanksi tegas kepada pejabat yang terlibat dalam kepanitiaan.

Pejabat yang dinonjobkan, masing-masing Asisten III Sekretariat Daerah Mustakim Ar, selaku Ketua Panitia Pelaksana; Kebala Bagian Kesra Nadiran Basrum selaku Sekretaris Panitia; dan Kabid Pemuda dan Olahraga Dinas Pemuda dan Olarhaga Andi Citra Opu selaku PPTK kegiatan Paskibraka.

"Terhitung mulai hari ini (Kamis, 24/8/2023) mereka dinonjobkan dari jabatannya" kata Bupati Bali Ali dalam keterangannya yang dikutip, Jumat (25/8/2023).

Baca Juga: Warga Pulau Pasi di Pelosok Selayar Kini Nikmati Listrik di Malam Hari

1. Para pejabat dianggap lalai menjalankan tugas

Bupati Selayar Nonjobkan Tiga Pejabat Gara-gara Paskibra KelaparanBupati Kepulauan Selayar, Muhammas Basli Ali, saat membuka Pelatihan Jurnalistik dan Kehumasan OPD Pemkab Selayar pada 29 Juli 2019. (Dok. Humas Pemkab Selayar)

Bupati menyatakan polemik yang terjadi tidak lepas dari kelalaian para pejabat tersebut dalam mengembang tugas. Dia menganggap kelalaian itu tidak bisa ditolelir dan dibiarkan.

"Karena sudah menyangkut nama baik daerah dan harus ditindak tegas," kata Basli Ali.

Bupati menekankan para pejabat pelaksana teknis kegiatan agar selalu memperhatikan secara saksama tugas dan tanggungjawab yang diamanahkan.

2. Pelatih mengeluh Paskibra tidak diberi makan

Bupati Selayar Nonjobkan Tiga Pejabat Gara-gara Paskibra KelaparanBupati Selayar M. Basli Ali memberikan bendera kepada anggota Paskibra pada upacara HUT ke-78 Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 2023. (Dok. Pemkab Selayar)

Sebanyak 71 orang anggota Paskibra sukses menjalankan tugasnya pada upacara pengibaran dan penurunan bendera di Lapangan Pemuda Benteng, Kepulauan Selayar, 17 Agustus 2023. Namun siapa sangka saat itu para Paskibra bertugas dengan kondisi perut kelaparan. 

Seorang pelatih Paskibra, dilansir media lokal SelayarNews, Sabtu, 19 Agustus 2023, mengaku pada hari HUT Kemerdekaan para anggotanya tidak diberi makan karena menurut panitia makanan sudah habis. Selain itu, selama latihan, para anggota Paskibra disebut kadang kekurangan air minum dan obat-obatan jika ada yang kelelahan.

3. Anggaran Dispora hanya sampai tanggal 15 Agustus

Bupati Selayar Nonjobkan Tiga Pejabat Gara-gara Paskibra KelaparanIlustrasi Bendera Merah Putih (IDN Times/Aldila Muharma)

Sebelumnya, Kepala Bidang Pembinaan Pemuda dan Olahraga Disdikpora Kepulauan Selayar, Andi Citra Opu, kepada wartawan mengklarifikasi soal peristiwa tersebut. Dia mengatakan pihaknya hanya menganggarkan pembiayaan segala keperluan Paskibra sampai tanggal 15 Agustus 2023.

Andi Citra berdalih, setelah tanggal itu, anggaran makan-minum Paskibra jadi tugas Panitia HUT RI Kabupaten.

Baca Juga: Aksi Damkar Makassar Selamatkan Kucing Terjebak di Drainase

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya