Bulog: Stok Beras di Sulselbar Cukup untuk 35 Bulan ke Depan

Target penyerapan beras 303 ribu ton sepanjang tahun 2021

Makassar, IDN Times - Perum Bulog Wilayah Sulawesi Selatan dan Barat (Sulselbar) menjamin ketahanan pangan di wilayahnya, khususnya beras. Stok beras di Sulsel dan Sulbar diklaim cukup untuk 35 bulan ke depan.

"Stok beras Bulog sampai saat ini sudah mencapai 225 ribu ton," kata Kepala Kantor Wilayah Perum Bulog Sulselbar Eko Prantono, di Gudang Bulog Panaikang dikutip dari Antara, Selasa (24/8/2021).

Baca Juga: Sempat Molor, Pembagian Bansos di Makassar Dijadwalkan Pekan Ini

1. Harga beras relatif stabil

Bulog: Stok Beras di Sulselbar Cukup untuk 35 Bulan ke DepanANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Eko menyatakan saat ini harga beras relatif stabil di pasaran. Dia menganggap tidak ada gejolak berarti yang bisa memicu lonjakan harga.

Untuk serapan beras, pada akhir Agustus 2021, Bulog akan kembali menyerap gabah beras petani. "Pekan terakhir Agustus ini ada panen untuk kita serap untuk membantu masyarakat petani yang ada di Sulsel," katanya.

2. Bulog pasarkan berar berfortifikasi premium

Bulog: Stok Beras di Sulselbar Cukup untuk 35 Bulan ke DepanBeras fortifikasi yang diproduksi Perum Bulog. IDN Times/Aan Pranata

Selain menyerap beras petani, Bulog juga memproduksi beras berfortifikasi premium yang telah diperkaya dengan vitamin dan mineral, yakni vitamin A, vitamin B1, vitamin B3, vitamin B6, vitamin B9 (Asam Folat), vitamin B12, Zat Besi (Iron), dan Zink.

Beras produksi andalan Perum Bulog ini juga bisa langsung bisa dimasak dan tanpa harus dicuci seperti beras biasanya.

3. Bulog target penyerapan 303 ribu ton beras di tahun 2021

Bulog: Stok Beras di Sulselbar Cukup untuk 35 Bulan ke DepanIDN Times/Dhana Kencana

Sebelumnya, Kanwil Perum Bulog telah menyerap hasil panen gabah beras petani sebanyak diatas 70 persen dari target yang diberikan sebanyak 303 ribu ton pada 2021.

Penyerapan gabah beras petani masih tetap berlangsung hingga akhir tahun 2021. Selain menyerap beras premium, Bulog juga menyerap beras medium untuk keperluan pemenuhan pangan bagi konsumen.

Saat ini, masa panen pertama penyerapan gabah beras di wilayah di Sulsel dan Sulbar sudah selesai, dan akan dilanjutkan pada panen raya kedua pada Agustus hingga akhir September 2021. Bulog Sulselbar bahkan telah mengirim beras kepada daerah di luar Sulsel sesuai permintaan Pemerintah Daerah setempat.

Baca Juga: Bansos Beras Segera Disalurkan, Jokowi: Stok Beras 1,3 Juta Ton Cukup

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya