Sempat Molor, Pembagian Bansos di Makassar Dijadwalkan Pekan Ini

Wali Kota minta pendistribusian transparan

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar bakal membagikan paket bantuan sosial berupa beras dan kebutuhan pokok. Rencananya, bansos COVID-19 ini mulai didistribusikan pekan ini.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto menyatakan paket bansos sudah siap didistribusikan. Namun, kata Danny, masih ada berbagai hal yang harus disiapkan sebelum bansos disalurkan ke warga terdampak pandemik.

"Saya akan segera koordinasikan dulu. Paling tidak hari ini sesegera mungkin minggu ini harus jalan. Hari ini belum, Harus di-set up dulu baik-baik," kata Danny saat meninjau paket bansos di Gudang Bulog di Jalan Urip Sumoharjo Makassar, Senin (23/8/2021).

1. Danny minta penyaluran bansos transparan

Sempat Molor, Pembagian Bansos di Makassar Dijadwalkan Pekan IniWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto meninjau penyimpanan paket bansos di Gudang Bulog di Jalan Urip Sumoharjo, Senin (23/8/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Paket bantuan tersebut dikemas dalam sebuah karung bertuliskan 'Makassar Recover'. Dalam paket tersebut ada 10 kg beras, 2 liter minyak goreng, 2 kilogram gula pasir dan 15 bungkus mie instan.

Danny meminta penyaluran bansos ini transparan. Mulai dari pembelian barang, perencanaan, hingga penyaluran. Penyaluran harus transparan sebab jangan sampai tersendat di tingkat kelurahan.

"Ini paketnya kan berat sekali. Maksudnya berarti banyak yang bisa dikasih sama rakyat. Tetapi kan punya persoalan sendiri karena pengangkutannya tidak mudah," kata Danny.

2. Bansos akan disalurkan ke 70.488 KK

Sempat Molor, Pembagian Bansos di Makassar Dijadwalkan Pekan IniPaket bansos untuk warga masih disimpan di Gudang Bulog di Jalan Urip Sumoharjo Makassar, Senin (23/8/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Pemkot memang menyiapkan 100.000 paket bansos untuk warga terdampak PPKM Level 4 yang dimulai sejak 26 Juli 2021 lalu. Namun hingga kini, bansos belum disalurkan karena pemkot sempat berkutat lama dengan data.

Setelah diverifikasi, hanya 70.488 KK yang akan menerima bansos ini. Sisanya, masih diverifikasi apakah memang layak menerima bansos atau tidak.

"Sudah. Tinggal 30.000 yang belum. Kan sampai 100.000 kan. Kita bergerak dulu yang terverifikasi," kata Danny.

Baca Juga: Pemkot Makassar Siapkan 100 Ribu Bansos selama PPKM Level 4

3. Beras yang disalurkan lebih banyak

Sempat Molor, Pembagian Bansos di Makassar Dijadwalkan Pekan IniPaket bansos untuk warga masih disimpan di Gudang Bulog di Jalan Urip Sumoharjo Makassar, Senin (23/8/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Plt Kepala Dinas Sosial Kota Makassar Rusmayani Madjid menyebutkan penyaluran bansos COVID-19 kali ini memang sengaja menitikberatkan pada beras. Hal itu karena merupakan kebutuhan paling pokok masyarakat dibandingkan dengan jenis pangan lainnya.

Maya, sapaannya, menyebutkan satu paket bansos bernilai Rp 198.000. Pemilihan isi paket bansos berdasarkan keputusan berbagai pihak selain Dinas Sosial seperti kejaksaan, polisi, KPPU (Komisi Pengawas Persaingan Usaha), BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan), dan Inspektorat.

"Semua menyepakati bahwa jenis-jenis barang ini seperti ini. Kenapa beras lebih banyak karena kita beranggapan bahwa beras itu merupakan makanan pokok," katanya.

Baca Juga: Berkutat di Pendataan, Pemkot Makassar Tak Kunjung Bagikan Bansos PPKM

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya