[BREAKING] Presiden Resmikan Bendungan Paselloreng Senilai Rp771 Miliar

Bendungan mampu menampung148 juta meter kubik air

Makassar, IDN Times - Presiden Joko 'Jokowi' Widodo meresmikan penggunaan Bendungan Paselloreng di Kecamatan Gilireng, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, hari ini, Kamis (9/9/2021). Jokowi menyebut pembangunan bendungan itu menelan biaya Rp771 miliar.

"Alhamdulillah Bendungan Paselloreng di Kabupaten Wajo Provinsi Sulawesi Selatan yang dibangun tahun 2015, hari ini sudah selesai dan siap difungsikan," kata Presiden pada seremoni peresmian yang ditayangkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis.

Jokowi menjelaskan bahwa Bendungan Paselloreng yang dilengkapi Bendung Irigasi Gilireng akan bermanfaat untuk mendukung Sulsel sebagai lumbung pangan nasional. Bendungan itu memiliki kapasitas tambung 138 juta meter kubik dan luas genangan 1.258 hektar, serta mampu mengairi sawah seluas 8.500 hektar.

Meningkatnya suplai air diharapkan bisa meningkatkan frekuensi tanam petani, dari satu kali setahun menjadi dua hingga tiga kali setahun.

"Sehingga meningkatkan produktivitas lahan, serta akhirnya bisa kita harapkan meningkatkan kesejahteraan petani," kata Presiden.

Presiden juga menyebut bendungan sekaligus untuk ketahanan air. Bendungan Paselloreng bisa mereduksi banjir di Sungai Gilireng 489 meter per detik dan menyediakan air baku 145 liter per detik, yang akan melayani 6 kecamatan di Kabupaten Wajo.

 

Baca Juga: Hari Ini Jokowi Resmikan Bendungan Paselloreng di Wajo

Baca Juga: Profil Bendungan Paselloreng di Wajo yang Diresmikan Jokowi

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya