BMKG Makassar: Suhu Panas Terus Menurun di Musim Transisi

Awal musim hujan diperkirakan pada pertengahan November

Makassar, IDN Times - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memantau suhu panas di Kota Makassar dan sekitarnya perlahan menurun beberapa hari terakhir. Penurunan suhu seiring masuknya peralihan dari kemarau ke musim hujan.

Prakirawan BMKG Wilayah IV Makassar Rekun Matandung mengungkapkan, menurunnya suhu panas di Makassar dan umumnya wilayah lain di Sulsel disebabkan munculnya awan-awan konvektif. Pembentukan awan menutupi sinar matahari sehingga berpengaruh terhadap suhu.

"Beberapa hari terakhir ini dari tanggal 18 (Oktober) itu suhunya sudah turun ke angka 35 derajat. Sebelumnya itu kan suhu mencapai 37," kata Rekun kepada IDN Times Sulsel, Selasa (24/10/2023).

"Jadi angka ini akan menurun terus, karena kita lihat sudah ada pertumbuhan-pertumbuhan awan ya dibanding hari-hari kemarin yang cerah dan terik," lanjutnya.

Baca Juga: Akhirnya Hujan Mengguyur Makassar di Tengah Kemarau Panjang

1. Hujan tidak menentu pada musim transisi

BMKG Makassar: Suhu Panas Terus Menurun di Musim TransisiIlustrasi hujan (IDN Times/Sukma Shakti)

Hujan sempat turun di sebagian wilayah Makassar pada Senin siang (23/10/2023). BMKG menyebut hujan yang turun mendadak di tengah terik merupakan salah satu tanda peralihan musim.

Hujan pada musim peralihan, kata Rekun, tidak akan terjadi setiap hari secara berturut-turut. Karena dalam masa transisi ini baru terbentuk awan-awan hujan.

"Perlu diketahui bahwa peralihan musim dari cerah ke hujan itu terkadang ada hujan dan terkadang tidak. Jadi diperkirakan ini hari Makassar itu berawan," kata Rekun.

2. Musim hujan diperkirakan datang pada pertengahan November

BMKG Makassar: Suhu Panas Terus Menurun di Musim TransisiIlustrasi suasana hujan di perkotaan. (IDN Times/Besse Fadhilah)

Rekun mengatakan, musim hujan diperkirakan baru akan tiba beberapa pekan ke depan. BMKG memprediksi awal musim hujan terjadi setidaknya pada dasarian kedua bulan November.

"Jadi bukan rutin musim hujan lagi tapi sudah masuk musim hujan, dan tiap hari bakal terjadi hujan," terang Rekun.

3. Makassar 103 hari tanpa hujan

BMKG Makassar: Suhu Panas Terus Menurun di Musim TransisiWarga melintas di area Pantai Losari saat matahari terbenam di Makassar, Sulawesi Selatan. (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Musim ini musim hujan datang terlambat seiring kemarau panjang. Dibandingkan tahun 2022, saat itu musim hujan dimulai pada akhir Oktober.

"Tapi ini Oktober masih kering dan sudah dipetakan November bakal hujan. Dan perlu diketahui juga bahwa Makassar itu sudah 102 hari sampai 103 itu tanpa hujan," Rekun menjelaskan.

Baca Juga: Bokong Pemuda di Makassar Tertusuk Balok Kayu saat Kebakaran

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya