Besok, Pemkot Makassar Kibarkan Bendera Bunga Rampai di Losari

Semarak peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar menyambut HUT ke-78 Republik Indonesia dengan mengagendakan upacara di Anjungan Pantai Losari, Kamis (17/8/2023). Upacara bakal dimeriahkan dengan pembentangan bendera merah-putih di anjungan hingga ke laut.

Wali Kota M. Ramdhan Pomanto mengecek persiapan pengibaran bendera, Rabu (16/8/2023). Tahun ini pengibaran bendera di Anjungan Pantai Losari mengusung konsep bunga rampai. 

"Berikan penampilan Anda yang paling berkesan dan rapi karena ini akan ditunggu oleh masyarakat. Jadikan penampilan ini terbaik dan menarik di Indonesia bahkan dan dunia," kata Danny kepada petugas pengibar bendera, Rabu pagi.

Baca Juga: RSUD Daya makassar Lolos Akreditasi RS Bintang Lima

1. Pembentangan bendera sepanjang 35 meter oleh 78 abdi negara

Besok, Pemkot Makassar Kibarkan Bendera Bunga Rampai di LosariPemkot Makassar menyiapkan pembentangan bendera berkonsep bunga rampai di Anjungan Pantai Losari Makassar, pada peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Indonesia, Kamis (17/8/2023). (Dok. Pemkot Makassar)

Pembentangan bendera di Anjungan Pantai Losari melibatkan petugas Pemadam Kebakaran dan Satpol PP Makassar. Bendera sepanjang 35 meter akan dibentangkan oleh petugas berjumlah 78 orang.

Saat mengecek persiapan, Danny mengarahkan para petugas dengan menempati masing-masing titik dan baris yang ditentukan. Danny terlibat langsung mengatur formasi para aparat dengan rapi dan simetris.

2. Bendera dibentangkan hingga ke laut

Besok, Pemkot Makassar Kibarkan Bendera Bunga Rampai di LosariSejumlah anggota TNI, Polri dan nelayan membentangkan bendera merah putih di perairan Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (17/8/2021). ANTARA FOTO/Arnas Padda

Tahun ini peringatan HUT RI di Makassar dimeriahkan pembentangan bendera merah-putih dengan konsep bunga rampai. Pemkot Makassar mengambil tema Bunga rampai Kemerdekaan dari Makassar.

Pada pelaksanaannya, bendera akan dibentuk berbentuk akar di pelataran Bugis-Makassar Anjungan Pantai Losari. Sedangkan bunga-bunganya berada di laut. Akar itu diibaratkan sebagai proklamasi. Sedangkan lima kuncup bunga di laut sebagai lambang Pancasila. Jadi dari akar yang kuat yakni proklamasi dan bunga yaitu pancasila dapat dirasakan seluruh anak bangsa.

3. Danny turun langsung persiapkan upacara peringatan kemerdekaan

Besok, Pemkot Makassar Kibarkan Bendera Bunga Rampai di LosariWali Kota Makassar M. Ramdhan Pomanto mengecek persiapan upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Indonesia di Anjungan Pantai Losari, Rabu (16/8/2023). (Dok. Pemkot Makassar)

Tak hanya meninjau rencana pembentangan bendera, Danny Pomanto juga mengecek langsung persiapan upacara peringatan kemerdekaan. Wali kota dua periode ini berada di lokasi sejak pukul 07.00 hingga selesai sekira pukul 10.30 WITA.

Gladi dimulai dengan penyerahan bendera duplikat, menyanyikan mars Makassar Jaya oleh Paduan Suara Satpol PP. Lalu dilanjutkann dengan pengibaran bendera merah putih oleh Paskibra Kota Makassar.

Usai pengibaran bendera, rangakaian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu hening cipta, pembacaan proklamasi, pembacaan UUD 1945, menyanyikam lagu Hari Merdeka dan ditutup dengan Pembacaan Doa.

Baca Juga: Danny Ancam Pidanakan Warga yang Tutup Akses TPA Antang Makassar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya