Besok, KPU Makassar Kirim Logistik Pemilu ke Pulau Terluar

Jadwal awal pada Kamis lalu urung terlaksana

Makassar, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar berencana mendistribusikan logistik Pemilihan Umum  2019 ke daerah kecamatan Sangkarrang, besok (13/4). Sangkarrang merupakan daerah terluar yang terdiri enam pulau dalam tiga kecamatan.

Distribusi logistik untuk daerah terluar awalnya menjadi prioritas KPU, dengan jadwal pengiriman pada Kamis (11/4). Namun karena ada kendala teknis, rencana itu urung dan ditunda sementara.

“Karena teman-teman PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) kami di Sangkarrang yang nantinya akan menerima logistik Pemilu di sana, saat ini masih tersebar di pulau lain untuk bimbingan teknis tingkat KPPS,” kata Ketua KPU Makassar Farid Wajdi, Jumat (12/3).

1. Logistik pemilu diangkut dengan kapal

Besok, KPU Makassar Kirim Logistik Pemilu ke Pulau TerluarIDN Times / Aan Pranata

Komisioner KPU Makassar Gunawan mengatakan, distribusi logistik ke Pulau Sangkarrang akan menggunakan transportasi laut dengan kapal. Pendistribusian akan dikawal penjagaan ketat aparat gabungan TNI dan Polri.

Logistik pemilu yang dikirimkan antara lain surat suara, kotak suara, bilik TPS, serta logistik pendukung seperti formulir rekapitulasi dan lain-lain.

2. Terdapat 43 TPS di wilayah kepulauan Makassar

Besok, KPU Makassar Kirim Logistik Pemilu ke Pulau TerluarANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Meski melenceng dari jadwal awal, distribusi logistik untuk wilayah Sangkarrang disebut tidak akan mengganggu tahapan pemilu. Petugas masih punya cukup waktu sebelum hari pemungutan suara.

Untuk wilayah Kecamatan Sangkarrang, terdapat 43 TPS yang tersebar di tiga kelurahan. Pemilih di sana berjumlah 9.905 orang.

“Tidak akan terlalu berdampak, karena TPS di sana tidak terlalu banyak,” terang Gunawan.

Baca Juga: Distribusi Surat Suara, KPU Makassar Prioritaskan Daerah Terluar

3. Logistik untuk wilayah dalam kota disebar secara bertahap

Besok, KPU Makassar Kirim Logistik Pemilu ke Pulau TerluarIDN Times/Nofika Dian

KPU Makassar mulai mendistribusikan logistik Pemilu ke 15 Kecamatan sejak 9 April lalu. Logistik berupa lima jenis surat suara pemilu, dengan masing-masing jumlah sesuai daftar pemilih 967 ribu orang lebih.

Untuk wilayah Makassar, terdapat 3.998 TPS yang tersebar di 153 kelurahan. KPU menargetkan distribusi logistik selesai jelang masa tenang, 14 April.

4. Surat suara rusak tidak jadi penghambat

Besok, KPU Makassar Kirim Logistik Pemilu ke Pulau TerluarIDN Times / Aan Pranata

Baca Juga: Surat Suara Tercoblos di Malaysia, Jokowi: Laporkan Saja ke Bawaslu

Sebelumnya diberitakan, KPU Makassar menemukan ratusan surat suara rusak saat proses sortir. Kerusakan akibat masalah teknis pencetakan, seperti tinta yang merembes serta terdapat percikan di kertas.

Surat suara rusak, menurut Gunawan, tidak terlalu berpengaruh. Sebab sejak awal telah disediakan surat suara cadangan sebanyak dua persen dari total DPT.

“Masih terpenuhi yang dua persen itu, jadi tidak ada masalah,” Gunawan menjelaskan.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya