Anies Pamer Desain Mattoangin International Stadium di Makassar

Dibangun jika Anies terpilih pada Pemilihan Presiden 2024

Makassar, IDN Times - Calon Presiden Anies Rasyid Baswedan berkomitmen membangun stadion sepak bola bertaraf internasional di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, jika terpilih pada Pemilihan Presiden 2024.

Hal itu disampaikan Anies saat menghadiri dialog 'Suporter Menggugat' bersama berbagai unsur suporter bola di Gori Artisan Building Makassar, Sabtu (18/11/2023). Anies turut memamerkan kepada suporter desain bangunan yang bakal diberi nama Mattoangin International Stadium.

"Untuk itu bisa berjalan, memerlukan tanta tangan. Tidak ada tanda tangan, tidak bisa jadi. Tanda tangan didapatkan lewat apa? Pilpres," kata Anies.

"Kita sama-sama bersiap, ikhtiarkan stadion itu dibangunkan. Karena tanpa tanda tangan, itu tidak bisa dimasukkan APBN," dia melanjutkan.

Baca Juga: Rocky Gerung Tantang Anies Baswedan Merevisi UU ITE

1. Bakal dibangun di lahan eks Mattoanging, butuh waktu tiga tahun

https://www.youtube.com/embed/jNLUP0phOLE

Anies mengatakan, stadion direncanakan akan dibangun di lokasi eks Stadion Gelora Andi Mattalatta Mattoanging Makassar, yang puluhan tahun jadi markas klub sepak bola PSM Makassar. Lokasinya dianggap strategis, yang diharapkan bisa jadi pusat berbagai aktivitas masyarakat.

"Proses pembangunannya diperkirakan dari mulai jalur tracking sampai tuntas sekitar tiga tahun, doakan bisa segera mungkin," ucap Anies, sambil menyebut pembangunan akan mengerahkan seratus persen tenaga lokal Indonesia.

2. Desain terinspirasi kapal pinisi, berkapasitas 41 ribu penonton

Anies Pamer Desain Mattoangin International Stadium di MakassarDesain Makassar International Stadium yang dijanjikan calon presiden Anies Baswedan bakal dibangun di Kota Makassar jika terpilih. (YouTube/Anies Baswedan))

Menurut desain yang turut dibagikan Anies melalui akun media sosialnya, Mattoanging International Stadium rencananya dibangun dengan desain megah dan berstandar FIFA. Stadion dirancang dengan kapasitas 41.800 penonton, sehingga layak untuk menjadi tuan rumah kompetisi internasional.

Stadion dirancang dengan desain modern terinspirasi kekayaan budaya lokal. Garis lengkung stadion yang terlihat manis dan aerodinamis terinspirasi dari layar pinisi, kapal kebanggan masyarakat Sulawesi Selatan.

Garis horizontal mengelilingi selubung bangunan menegaskan prinsip arsitektur modern yang kekal dan melampaui zamannya. Ornamen sabuk emas yang mengelilingi stadion terinspirasi motif baju adat Sulsel. Sedangkan bentuk lengkung stadion terinspirasi dari gelombang air laut dan gerakan angin yang memberikan kesan bangunan aerodinamis.

3. Dirancang terkoneksi dengan transportasi publik

Anies Pamer Desain Mattoangin International Stadium di MakassarDesain Makassar International Stadium yang dijanjikan calon presiden Anies Baswedan bakal dibangun di Kota Makassar jika terpilih. (Instagram/aniesbaswedan)

Anies menyebut Mattoanging International Stadium bukan sekadar stadion sepak bola. Bangunan itu juga bisa jadi pusat kegiatan masyarakat, seperti seni, budaya, keagamaan, dan komersial, yang menjadi titik regenerasi kota.

Stadion dirancang memiliki konektivitas dengan transportasi publik, serta ruang pejalan kaki lebar dan nyaman. Konsep yang membantu mempermudah dan mempercepat mobilitasi masyarakat di Makassar. Dalam jangka panjang dipersiapkan pembangunan trem yang terintegrasi sebagai akses menuju stadion.

Mattoanging International Stadium terletak di antara dua jalan strategis di Makassar, yaitu Jl. Doktor Ratulangi dan Jl. Opu Daeng Risadju. Desain stadion menampilkan enam akses luas masuk stadion, empat akses terhubung dengan skywalk yang memisahkan jalur pejalan kaki dengan kendaraan.

Baca Juga: Gambarkan Reformasi Berubah, Anies Baswedan Singgung Konoha

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya