Anggota Kloter 26 Debarkasi Makassar Wafat Jelang Take-off di Madinah

Jumlah anggota jemaah wafat bertambah jadi 47

Makassar, IDN Times - Satu anggota jemaah haji kelompok terbang 26 Debarkasi Makassar wafat di Arab Saudi jelang pulang ke Tanah Air, Minggu (23/7/2023). Dia meninggal di Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Bandar Udara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdulaziz, Madinah.

Kabar duka disamppaikan petugas Bagian Data Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi/Debarkasi Makassar Bahar Kaboke. "Jelang take off, jemaah haji asal Gorontalo atas nama Nurjan Imran wafat di KKHI Bandara Madinah,” kata Bahar dalam keterangan yang dikutip, Senin (24/7/2023).

Baca Juga: Polisi Tangkap Tujuh Pemalak Penjemput Jemaah Haji di Makassar

1. Sudah tiga anggota kloter meninggal di Saudi

Anggota Kloter 26 Debarkasi Makassar Wafat Jelang Take-off di MadinahJamaah calon haji keluar dari aula Mina usai mengikuti pelepasan calon haji di Asrama Haji Sudiang, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (23/5/2023) malam. (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Nurjan Imran bersama 387 anggota jemaah haji asal Gorontalo, yang tergabung dalam kloter 26, diterbangkan ke Makassar dengan pesawat Garuda Indonesia Airways GIA1226. Dia dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Senin 24 Juli 2023 pukul 01.15 Wita.

Jenazah Imran dimakamkan di Saudi. Wafatnya Nurjan menambah daftar jemaah haji kloter 26 asal Gorontalo yang meninggal di Tanah Suci menjadi tiga orang. Sebelumnya Ismail Usman Suleman (67) meninggal pada tanggal 1 Juli 2023 dan Rostin Tani Mato meninggal 6 Juli 2023.

2. Jemaah haji Gorontalo transit di Makassar

Anggota Kloter 26 Debarkasi Makassar Wafat Jelang Take-off di MadinahKepulangan (debarkasi) jemaah haji Indonesia di Bandara Juanda, Surabaya, Selasa (4/7/2023). (dok. Angkasa Pura I)

Dari data awal yang dirilis Bagian Data PPIH Embarkasi/Debarkasi Makassar, pesawat GIA1226 berpenumpang 388 orang, termasuk lima petugas kloter. Satu orang anggota kloter mutasi keluar ke kloter 9 karena faktor lansia.

Sebagaimana biasanya, seluruh jemaah haji asal Provinsi Gorontalo setibanya di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, hanya transit beberapa jam di ruang tunggu bandara. Selanjutnya mereka diterbangkan langsung ke Bandara Djalaludin Tantu Gorontalo tanpa harus ke Asrama Haji Makassar terlebih dahulu.

3. Anggota jemaah haji wafat bertambah jadi 47

Anggota Kloter 26 Debarkasi Makassar Wafat Jelang Take-off di MadinahJemaah haji kloter pertama Embarkasi Makassar memasuki Asrama Haji Sudiang di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (23/5/2023). Kloter I dijadwalkan terbang ke Arab Saudi, Rabu dini hari (24/5/2023). (Dok. Kemenag Sulsel)

Menurut data PPIH Embarkasi/Debarkasi Makassar, per Senin (24/7/2023), jumlah anggota jemaah haji meninggal dalam perjalanan haji bertambah jadi 47. Sebanyak 46 meninggal di Saudi, satu dalam perjalanan.

Dari jumlah wafat, mayoritas berumur di atas 65 tahun atau lanjut usia. Rata-rata penyebab kematian karena gangguan pernapasan serta hipertensi.

Baca Juga: Asrama Haji Makassar Sediakan Jasa Make Up untuk Jemaah

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya