Comscore Tracker

Anggota Jemaah Haji asal Tidore Kepulauan Meninggal di Makassar

Sempat dirawat 14 jam di IGD RSU Dr. Wahidin Sudirohusodo

Makassar, IDN Times - Satu anggota jemaah calon haji kelompok terbang 7 Embarkasi Makassar meninggal, Kamis (11/7) siang. Dia bernama Suhaima Kahar, wanita asal Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara.

Menurut informasi yang dihimpun IDN Times, Suhaima meninggal di Rumah Sakit Umum Dr. Wahidin Sudirohusodo. Kondisi kesehatannya menurun beberapa saat setelah tiba dari kota asal ke Asrama Haji Sudiang Makassar, Rabu (10/7). Jemaah haji Kloter 7 Embarkasi Makassar dijadwalkan terbang ke Arab Saudi Kamis (11/7) malam.

Baca Juga: Selain Pasta Gigi, Barang Bawaan Ini Terlarang Bagi Jemaah Haji 

1. Almarhumah dirawat 14 jam di IGD

Anggota Jemaah Haji asal Tidore Kepulauan Meninggal di Makassarunsplash.com/@coolmilo

Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Daerah (PPIHD) Maluku Utara H Hasbullah Tahir, melalui keterangan tertulis menjelaskan, almarhumah Suhaima sempat dirawat di Asrama Haji Sudiang. Dia mendapatkan pelayanan dari Tim Kesehatan PPIHD dan Petugas KKP Malut serta Petugas Kesehatan Embarkasi Makassar.

Melihat kondisinya yang tidak mengalami kemajuan, tim kemudian memutuskan untuk dirujuk ke RSUD Wahidin. Almarhumah yang didampingi oleh petugas Kesehatan TPIHD sempat mendapatkan perawatan kurang lebih 14 jam di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSU Dr. Wahidin Makassar.

"Dia menghembuskan nafas terakhir kurang lebih pukul 13.45 WITA," kata Hasbullah.

2. Jenazah akan dipulangkan ke kota asal

Anggota Jemaah Haji asal Tidore Kepulauan Meninggal di MakassarANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Hasbullah menyatakan pihaknya tengah mengurus pemulangan jenazah Suhaima ke daerah asal. Saat ini PPIHD tengah mengurus administrasi, baik di rumah sakit, Karantina, KKP, maupun maskapai penerbangan. Diharapkan jenazah bisa dipulangkan secepatnya ke rumah di kota asal.

"Mengenai pemulangan jenazah sudah termuat dalam kontrak bersama perusahaan penerbangan. Insya Allah jenazah akan diurus oleh Pemprov hingga tiba di rumahnya. Mudah-mudahan paling lambat besok pagi jenazah sudah bisa diterbangkan ke Ternate," ujar Hasbullah.

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Maluku Utara H Sarbin Sehe menyampaikan turut berdukacita dan belasungkawa kepada keluarga almarhumah. Dia berharap keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dan ketabahan.

"Semoga Allah SWT mengampuni segala salah dan khilaf dari almarhumah, diampuni dosanya, dan ditempatkan di surga," kata Kakanwil.

3. Kloter 7 tinggalkan Makassar menuju Madinah

Anggota Jemaah Haji asal Tidore Kepulauan Meninggal di MakassarANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Jemaah kloter 7 resmi dilepas PPIH Embarkasi Makassar menuju Tanah Suci, Kamis (11/7) malam. Jemaah dijadwalkan terbang menuju Madinah pukul 23.05 Wita.

Kloter 7 memuat 449 anggota rombongan. Mereka terdiri dari 139 calon haji asal Kota Tidore Kepulauan, 85 orang dari Halmahera Timur, 88 dari Halmahera Barat, serta 117 orang asal Kepulauan Sula. Mereka didampingi tujuh petugas.

Jemaah kloter 7 rencananya tiba di Madinah Jumat (12/7) pukul.04.30 waktu setempat. Kakanwil H Sarbin Sehe kepada para jamaah usai acara pelepasan mengimbau jemaah agar banyak minum air putih dan mengkonsumsi buah untuk menghindari dehidrasi. Sebab suhu di Arab Saudi mencapai di atas 40 derajat.

Pada musim ibadah haji tahun ini, Embarkasi Makassar memberangkatkan 18 ribu lebih calon haji. Mereka terbagi dalam 40 kloter. Jemaah berasal dari Sulsel dan tujuh provinsi lain di Indonesia bagian timur.

Baca Juga: Sebelas Calon Haji Sulsel Tertunda Berangkat ke Tanah Suci

Topic:

  • Irwan Idris

Just For You