Anggaran Pemprov Sulsel Defisit Tapi Malah Undang Artis

Pj Gubernur bilang masih ada utang Rp1,6 triliun

Makassar, IDN Times - Pj Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin belakangan ini menyuarakan soal defisit anggaran Pemerintah Provinsi. Namun di saat yang sama, Pemprov tengah mempersiapkan pesta dengan mengundang artis-artis ibukota.

Menurut poster yang diunggah akun Instagram Pemprov, @sulselprov, Jumat malam (13/10/2023), akan ada Pesta Rakyat memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-351 Sulsel. Acara itu akan digelar di Anjungan City of Makassar, Pantai Losari, pada 18 hingga 21 Oktober 2023.

Poster menunjukkan bahwa Pesta Rakyat akan menghadirkan sejumlah artis nasional. Di antaranya ADA Band, Sammy Simorangkir, dan Andien. Ada juga sejumlah artis dan influencer lokal yang ditampilkan sebagai pengisi acara.

Baca Juga: Utang Rp1,6 T, Alasan Revisi Rancangan ABPD Sulsel 2024

1. Ada pameran UMKM hingga penampilan seni budaya

Anggaran Pemprov Sulsel Defisit Tapi Malah Undang ArtisWarga melintas di area Pantai Losari saat matahari terbenam di Makassar, Sulawesi Selatan. (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Menurut poster yang dibagikan, Pesta Rakyat Pemprov Sulsel akan terbuka secara gratis. Artinya, masyarakat yang hadir tidak akan dipungut biaya.

Selain hiburan artis nasional dan lokal, Pesta Rakyat bakal diisi sejumlah acara dan kegiatan. Di antaranya pameran UMKM, penampilan seni budaya, talkshow, tasyakuran dan doa bersama, hingga fashion show.

2. Pj Gubernur bicara utang dan defisit anggaran

Anggaran Pemprov Sulsel Defisit Tapi Malah Undang ArtisPj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin saat ditemui di kantor gubernur, Rabu (6/9/2023). IDN Times/Asrhawi Muin

Pj Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin belakangan ini kerap berbicara tentang kesulitan angaran. Pihaknya telah mengajukan kepada DPRD revisi Rancangan ABPD tahun 2024 yang sebelumnya ditetapkan Rp10,4 triliun.

Bahtiar mengatakan, revisi diperlukan karena ada defisit anggaran Pemprov senilai Rp1,5 triliun di APBD 2023. Selain itu Sulsel diproyeksi masih akan berutang di 2024.

"Saya tentu harus mengajukan rencana APBD 2024. Nah, saya sebagai Penjabat Gubernur dalam melakukan perencanaan 2024 berangkat dari keadaan hari ini," kata Bahtiar dalam keterangannya yang dikutip, Sabtu (14/10/2023).

Bahtiar mengatakan belum mendapatkan penjelasan apa yang menjadi dasar diajukannya angka Rp10,4 triliun untuk RAPBD 2024. Menurutnya, angka tersebut tidak realistis karena Pemprov Sulsel masih memiliki utang sebesar Rp1,6 triliun.

"Utang yang tidak dibayarkan, maka akan menyeberang di tahun yang akan datang dan menjadi utang di tahun berikutnya," jelas Bahtiar.

3. Bahtiar tekankan soal penghematan anggaran

Anggaran Pemprov Sulsel Defisit Tapi Malah Undang Artis(IDN Times/Arief Rahmat)

Terkait utang, Bahtiar menekankan berlaku penghematan anggaran di tahun ini. Seluruh program di seluruh OPD lingkup Pemprov Sulsel melakukan penghematan, hingga dicapai angka maksimal Rp1,12 triliun.

"Oleh karenanya, inilah yang menjadi dasar patok saya untuk merencanakan dan mendialogkan dengan teman-teman DPRD dalam menyusun APBD tahun 2024," kata Bahtiar.

Bahtiar menegaskan bahwa proses revisi tersebut harus diambil. Ia mengatakan bahwa revisi tersebut dilakukan agar anggaran Pemprov Sulsel lebih realistis dan tidak menjadi beban bagi pemerintahan yang akan datang.

"Alhamdulilah, syukurnya seluruh fraksi DPRD memahami itu," kata Bahtiar. "Saya sudah bertemu pimpinan DPRD dan kawan-kawan (anggota DPRD), maupun kawan-kawan internal memahami itu dan teman-teman saya para pimpinan OPD Provinsi Sulsel."

Bahtiar juga mengatakan bahwa revisi APBD 2024 akan dilakukan secara tajam. Ia ingin memastikan bahwa anggaran tersebut benar-benar digunakan untuk kepentingan masyarakat Sulsel.

"Karena saya sudah bicara soal peternakan, kelautan, bagaimana soal pertanian," kata Bahtiar. "Sudah termaktub kah di rancangan APBD 2024. Tentukan harus dibedah lagi," dia menambahkan.

Baca Juga: Bahtiar Jelaskan soal 20 Persen Dana Desa Sulsel untuk Tanaman Pangan

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya