55 Ribu Rumah Pelanggan PLN di Makassar Terpasang Meteran Pintar AMI

Pemakaian listrik bisa terpantau secara real time

Makassar, IDN Times - Sebanyak 55.501 rumah pelanggan PLN di Kota Makassar sudah dipasangi meteran pintar berbasis Advanced Metering Infrastructure (AMI). Meteran konvensional diganti dengan perangkat baru yang dilengkapi fitur komunikasi dua arah, sehingga menjamin informasi lebih canggih, akurat, dan berkualitas.

General Manager PLN UID Sulselrabar, M. Andy AdchaminoerdinAndy menyebut penerapan smart meter AMI akan membuat kenyamanan pelanggan semakin meningkat. "AMI dapat memudahkan baik PLN maupun pelanggan untuk bisa mengetahui profil beban sekaligus tagihan listrik berjalan secara realtime," ungkap Andy dalam keterangannya, Kamis (19/10/2023).

Baca Juga: PLN Sulselrabar Bikin Hujan Buatan untuk Jaga Pasokan Listrik

1. Petugas tidak perlu datang ke lokasi untuk mengecek pemakaian listrik

55 Ribu Rumah Pelanggan PLN di Makassar Terpasang Meteran Pintar AMIPetugas PLN tengah melakukan pemasangan smart meter Advanced Metering Infrastructure (AMI) di Kelurahan Tamamaung, Kota Makassar. (Dok. PLN Sulselrabar)

Andy menerangkan, melalui penggunaan smart meter AMI, pembacaan meter yang sebelumnya dilakukan secara manual atau door to door oleh petugas, kini bisa dilakukan secara digital. Pembacaannya lebih akurat serta privasi pelanggan akan lebih terjaga.

"Penerapan smart meter AMI ini membawa banyak manfaat. Pembacaan data meter secara real time dan dilakukan dari jarak jauh sehingga tidak diperlukan lagi pembacaan meter ke lokasi," papar Andy.

2. Penggantian meteran gratis, pelanggan tidak dipungut biaya

55 Ribu Rumah Pelanggan PLN di Makassar Terpasang Meteran Pintar AMIPemasangan smart meter berbasis AMI di rumah pelanggan PLN di Kota Makassar. (Dok. PLN UID Sulselrabar)

PLN UID Sulselrabar menerjunkan 290 petugas khusus dalam pemasangan smart meter AMI yang tersebar di Kota Makassar. Andy mengimbau masyarakat waspada terhadap segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan PLN.

“Kami optimis manfaat positif dari pembaruan kWh meter menjadi smart meter AMI dapat dirasakan oleh pelanggan. Program ini gratis dan pelanggan tidak perlu mengeluarkan biaya,” jelas Andy.

3. Pelanggan bisa pantau pemakaian listrik melalui aplikasi

55 Ribu Rumah Pelanggan PLN di Makassar Terpasang Meteran Pintar AMIIlustrasi PLN Mobile (dok. PLN)

Inovasi PLN dalam meningkatkan pelayanan listrik telah dirasakan warga Makassar. Warga Kelurahan Kassi-Kassi, Kecamatan Rappocini, Topan, mengatakan penggunaan smart meter baru memberikan kenyamanan bagi pelanggan.

"Saya bisa memantau pemakaian listrik setiap saat melalui aplikasi PLN Mobile, sehingga tidak perlu menunggu tagihan di akhir bulan. Selain itu apabila terjadi gangguan, penanganannya lebih cepat karena dapat dideteksi oleh sistem secara otomatis dan yang tidak kalah menarik tanpa dipungut biaya," kata Topan.

Baca Juga: Geliat Pemanfaatan EBT di Sulawesi, Transisi Energi Bukan Angan

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya