Comscore Tracker

2 Wakil Sulsel Lolos Bakal Calon Anggota KPU dan Bawaslu RI

Terdapat 48 peserta seleksi yang lolos tahap awal seleksi

Makassar, IDN Times - Tim seleksi mengumumkan daftar bakal calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) periode 2022-2027. Dalam daftar tersebut terdapat dua peserta dari Sulawesi Selatan.

Daftar tersebut sesuai Keputusan Tim Seleksi Nomor : 231/TIMSEL/XII/2021 tentang Hasil Tes Tertulis, Penulisan Makalah, dan Tes Psikologi. Terdapat masing-masing 28 orang bakal calon anggota KPU dan 20 bakal calon anggota Bawaslu.

Para peserta bersaing untuk menduduki tujuh kursi anggota KPU serta lima kursi anggota Bawaslu.

"Berdasarkan hasil pelaksanaan tes tertulis, penulisan makalah, dan tes psikologi, Tim Seleksi telah melaksanakan Rapat Pleno untuk menentukan peserta yang dinyatakan lulus dan karena itu berhak untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya," kata Juri Ardiantoro, Ketua Tim Seleksi Calon Anggota KPU dan Calon Anggota Bawaslu masa Jabatan Tahun 2022-2027, melalui keterangan pers yang diterima, Jumat (3/12/2021).

Baca Juga: KPU Kembali Simulasi Pencoblosan untuk Sederhanakan Surat Suara Pemilu

1. Terdapat anggota dan eks anggota KPU Sulsel

2 Wakil Sulsel Lolos Bakal Calon Anggota KPU dan Bawaslu RIKomisioner KPU Sulsel Misna Attas (IDN Times/Aan Pranata)

Menurut daftar tersebut, terdapat dua orang asal Sulsel. Masing-masing anggota KPU Sulsel Misna M Hattas dan eks anggota KPU Sulsel Mardiana Rusli.

Misna bersaing sebagai peserta seleksi bakal calon anggota KPU RI. Sedangkan Mardiana ikut seleksi bakal calon anggota Bawaslu RI.

2. Seleksi tahap awal diikuti 630 orang

2 Wakil Sulsel Lolos Bakal Calon Anggota KPU dan Bawaslu RIIDN Times/Istimewa

Proses seleksi calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) periode 2022-2027 digelar pada tanggal 24-25 November 2021 di JIEXPO, Kemayoran, Jakarta. Saat itu peserta mengikuti tes tertulis, penulisan makalah, dan tes psikologi.

Tahap awal seleksi diikuti 630 orang, yakni mereka yang lulus penelitian administrasi. Pada pelaksanaan Tes Tertulis dan Penulisan Makalah, hadir 323 orang untuk seleksi bakal calon anggota KPU. Sedangkan seleksi bakal calon anggota Bawaslu dihadiri 264 orang.

Sedangkan peserta yang hadir mengikuti Tes Psikologi masing-masing 321 orang untuk KPU dan 263 orang untuk Bawaslu.

3. Peserta masih akan menjalani serangkaian tahapan seleksi

2 Wakil Sulsel Lolos Bakal Calon Anggota KPU dan Bawaslu RILogo Bawaslu. IDN Times/Jabar

Selanjutnya, bakal calon yang telah dinyatakan lulus pada tahap tes tertulis, penulisan makalah, dan tes psikologi berhak untuk mengikuti tahap seleksi berikutnya. Yaitu tahap tes psikologi lanjutan (dinamika kelompok), tes kesehatan dan wawancara.

Tes akan digelar dengan jadwal berikut ini:

  • Tes Psikologi Lanjutan (Dinamika Kelompok) tanggal 9–11 Desember 2021;
  • Tes Kesehatan tanggal 26–30 Desember 2021;
  • Wawancara Bakal Calon Anggota Bawaslu tanggal 26-27 Desember 2021;
  • Wawancara Bakal Calon Anggota KPU tanggal 28-30 Desember 2021.
  • Tempat pelaksanaan tes di Jakarta.

Buat kamu yangi ingin melihat daftar nama Bakal Calon Anggota KPU dan Bakal Calon Anggota Bawaslu yang telah dinyatakan lulus, bisa membuka laman https://seleksikpubawaslu.kemendagri.go.id.

"Tim Seleksi mengundang masyarakat untuk memberikan masukan mengenai rekam jejak para bakal calon di atas melalui situs tersebut," kata Juri.

Baca Juga: Bawaslu Siap Kapan Pun Pemilu 2024 Digelar

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya