Surya Paloh Sebut Sulawesi Utara Bukan hanya Milik Banteng PDIP

Surya Paloh resmikan kantor baru DPW NasDem Sulut

Manado, IDN Times - Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, mengunjungi Sulawesi Utara, Senin (30/10/2023). Salah satu agendanya adalah meresmikan kantor baru DPW NasDem Sulut.

Di sana, ia juga berbicara terkait Pemilu 2024. Ia berharap Pemilu 2024 bisa berlangsung lebih tertib, adil, jujur, dan semangat partisipasi yang lebih kuat.

“Saya masih memiliki keyakinan sepenuhnya. Saya merasakan getaran, spirit, semangat, dan tahapan konsolidasi yang sudah dilakukan kita akan mampu meraih kemenangan,” ujar Surya Paloh.

1. Tanggapi serangan isu negatif ke Anies Baswedan

Surya Paloh Sebut Sulawesi Utara Bukan hanya Milik Banteng PDIPMantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (IDN Times/Gregorius Aryodamar)

Bakal calon presiden (bacapres) dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan, sering diserang isu negatif terkait kepemimpinannya di Jakarta pada periode 2017-2022. Isu tersebut bahkan ikut berhembus ke luar daerah.

Di sisi lain, Surya menyebut bahwa masyarakat Jakarta justru merasakan perubahan positif saat Anies memimpin. "Itu isu kuno, ngapain kita jawab lagi sekarang? Masyarakat sudah menilainya sendiri," tambah Surya.

Surya mengklaim isu tersebut hoaks dan membuat masyarakat tak nyaman. Ia juga meminta semua pihak menjaga keamanan dan kedamaian dalam berdemokrasi jelang Pemilu 2024.

2. Surya Paloh sebut Sulut tak hanya milik banteng

Surya Paloh Sebut Sulawesi Utara Bukan hanya Milik Banteng PDIPKetua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, meresmikan kantor baru DPW NasDem Sulawesi Utara di Paniki Bawah, Mapanget, Manado, Sulawesi Utara, Senin (30/10/2023). Dok. Partai NasDem

Saat ini, 6 dari 15 kabupaten/kota di Sulut memiliki kepala daerah dari PDIP. Hal itu membuat masyarakat meyakini bahwa Sulut termasuk "Kandang Banteng".

Namun, Paloh mengatakan bahwa Sulut bukan hanya milik Banteng atau PDIP. "Kita juga kan berteman dengan banteng, jadi kita pikir rumah kita juga dan kandang kita juga, bukan cuma milik banteng," sambung Surya.

Ia juga mengaku hubungannya dengan Presiden RI, Joko Widodo, masih baik hingga saat ini meski ada beberapa menteri dari NasDem yang terjerat kasus korupsi.

Baca Juga: 5 Penjabat Kepala Daerah di Sulut Dilantik Gubernur, Ini Daftarnya 

3. Surya sebut makan siang Jokowi bersama 3 bakal capres sebagai modal

Surya Paloh Sebut Sulawesi Utara Bukan hanya Milik Banteng PDIPTiga Capres yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo diundang Presiden Jokowi makan siang di Istana Negara, Senin (30/10/2023) (IDN Times/Muhammad Ilman Na'fian)

Siang tadi, Jokowi disebut makan siang bersama 3 bacapres, yaitu Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies. Surya merespon baik pertemuan tersebut.

Makan siang tersebut sekaligus membantah tudingan Jokowi hanya mendukung 1-2 partai atau bacapres. “Itu lah fungsi dan peran presiden sebagai kepala pemerintah sekaligus kepala negara," ucap Surya.

Meski begitu, Surya mengaku tak tahu isi perbincangan Jokowi dengan ketiga bacapres siang tadi. "Soal apa yang didiskusikan di makan siang itu, itu terserah presiden karena beliau yang undang. Saya bukan capres jadi saya tidak tahu," tutup Surya sambal berkelakar.

Baca Juga: Di Sulut, Sandiaga Uno Bahas Pariwisata hingga Peluang Cawapres Ganjar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya