Penyebab Keracunan Ratusan Siswa SD di Sulawesi Utara Masih Misterius

Tak ditemukan zat beracun dalam bantuan makanan tambahan

Manado, IDNTimes – Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Manado, telah selesai menguji sampel susu UHT dan beberapa makanan ringan yang diduga menyebabkan keracunan ratusan siswa SD di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Sulawesi Utara, beberapa waktu lalu. Selain susu, yang diuji adalah risoles, nugget, dan springroll.

Makanan dan minuman tersebut merupakan bantuan makanan tambahan dari Dinas Pangan Sulut. Hasil pemeriksaan tersebut sudah diterima Dinas Kesehatan Bolmong pada Rabu, 1 November 2023.

“Hasilnya negatif, tidak ada yang beracun,” kata Kepala Dinkes Bolmong, Julin Papuling, Selasa (7/11/2023).

1. Rekomendasi soal higienitas produksi

Penyebab Keracunan Ratusan Siswa SD di Sulawesi Utara Masih MisteriusSiswa SD di Bolmong, Sulawesi Utara, yang diduga keracunan makanan, Senin (23/10/2023). IDNTimes/Istimewa

BBPOM Manado juga memeriksa lokasi serta sarana produksi bantuan makanan tambahan tersebut yang terletak di Kota Kotamobagu tersebut. Hasilnya, BBPOM Manado merekomendasikan peningkatan higienitas dan sanitasi tempat produksi.

“Itu harus ditindaklanjuti dan diawasi oleh produsen dan Dinkes setempat,” kata Kepala BBPOM Manado, Agus Yudi Prayudana.

Meski begitu, Agus tak merinci lebih lanjut rekomendasi yang diajukan. Hanya saja, ia mengimbau agar produsen makanan siap saji bekerja sesuai regulasi.

2. Penyebab keracunan masih dibahas

Penyebab Keracunan Ratusan Siswa SD di Sulawesi Utara Masih MisteriusSiswa SD yang dilarikan ke RSUD Datoe Binangkang, Bolmong, Sulawesi Utara, karena diduga keracunan, Senin (23/10/2023). IDNTimes/Istimewa

Di sisi lain, Agus menyebut bahwa keamanan pangan merupakan tanggung jawab bersama, apalagi jika terkait bantuan makanan tambahan. Hal itu bisa mempengaruhi kesehatan, kesejahteraan, dan keunggulan sumber daya manusia.

“Penting untuk bebas dari pencemaran baik fisika, kimia, dan biologi,” tambahnya.

Karena tak terbukti adanya racun, penyebab keracunan ratusan siswa SD tersebut masih diselidiki. “Kami bahas dari sisi epidemiologi, sebenarnya masalahnya seperti apa,” kata Julin.

Baca Juga: Ratusan Siswa SD Sulut Diduga Keracunan Makanan Bantuan Dinas Pangan

3. 240 siswa dari 3 SD keracunan

Penyebab Keracunan Ratusan Siswa SD di Sulawesi Utara Masih MisteriusIlustrasi keracunan makanan (freepik.com)

Berdasarkan data Dinas Pendidikan Bolmong, kurang lebih 240 siswa dari 3 SD keracunan. Rinciannya adalah 160 siswa dari SDN 2 Lolak, 50 siswa dari SDN 1 Lolak, dan 30 siswa dari SDN 1 Motabang.

Kepala Dinas Pendidikan Bolmong, Renti Mokoginta, menyebut bahwa 100 anak ditangani Puskesmas Lolak. Dari jumlah tersebut, 27 siswa dirujuk ke RSUD Datoe Binangkang. "Sebanyak 73 anak setelah selesai penanganan dan observasi di Puskesmas Lolak, bisa langsung pulang," katanya.

Sedangkan siswa yang langsung dibawa ke RSUD Datoe Binangkang ada 124 orang.

Baca Juga: BBPOM Manado Periksa Makanan yang Diduga Menyebabkan Siswa Keracunan

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya