Di-DO karena Sering Ketiduran, Murid SMA Manado Ternyata Bolos 41 Hari

DA masih terdaftar di SMAN 4 Manado

Manado, IDN Times – Kasus seorang siswa dikeluarkan dari SMAN 4 Manado menarik perhatian publik beberapa waktu lalu. Pasalnya, siswa berinisial DA disebut sering ketiduran di kelas dan beberapa kali melompat pagar karena terlambat sekolah.

Kepala Bidang Pendidikan SMA Dinas Pendidikan Sulut, Sriratna Pasiak, membenarkan bahwa DA adalah siswa kelas XII yang sebentar lagi akan mengikuti ujian sekolah. Ia juga mengungkapkan fakta bahwa DA tak masuk sekolah selama 41 hari.

“Pihak sekolah sudah melakukan tahapan sesuai prosedur yang ada,” ucap Sriratna, Jumat (10/11/2023).

1. Orang tua DA dipanggil 3 kali

Di-DO karena Sering Ketiduran, Murid SMA Manado Ternyata Bolos 41 HariKabid Pendidikan SMA Dinas Pendidikan Sulawesi Utara, Sriratna Pasiak. IDNTimes/Istimewa

Prosedur yang dimaksud Sriratna adalah pemanggilan orang tua DA sebanyak 3 kali sejak awal semester. “Bahkan sekolah juga sudah mengajak keluarga membimbing anak ini,” tambah Sriratna.

Pihak sekolah juga mengantongi bukti pemanggilan orang tua, tanda tangan orang tua sebagai bentuk persetujuan membimbing siswa, serta riwayat percakapan di media sosial. Sriratna menegaskan bahwa pengeluaran DA sudah merupakan tahap akhir prosedur yang dilakukan SMAN 4 Manado.

Dinas Pendidikan Sulut pun menjamin hak-hak pendidikan DA. Sriratna mengatakan bahwa DA tetap harus sekolah.

2. DA masih terdaftar di SMAN 4 Manado

Di-DO karena Sering Ketiduran, Murid SMA Manado Ternyata Bolos 41 HariIlustrasi siswa SMA. (IDN Times/Sukma Sakti)

Untuk saat ini, DA, Dinas Pendidikan Sulut, SMAN 4 Manado, dan Dinas P3A Sulut tengah melakukan mediasi. Tujuannya agar DA tetap bisa sekolah di tempat lain.

“DA bisa bilang mau sekolah di mana, kami siap memfasilitasi,” kata Sriratna.

Untuk menjamin pendidikan DA, saat ini ia masih terdaftar di SMAN 4 Manado. DA akan dipindahkan ke sekolah yang sudah siap dalam hal pembelajaran dan administrasi.

3. Orang tua DA sempat mendatangi sekolah

Di-DO karena Sering Ketiduran, Murid SMA Manado Ternyata Bolos 41 HariSMAN 4 Manado di Jalan Manguni Raya Nomor 11, Perkamil, Paal 2, Kota Manado, Sulawesi Utara. IDNTimes/Savi

Sebelumnya, beredar kabar bahwa DA dikeluarkan oleh sekolah lantaran sering ketiduran di kelas dan terlambat sekolah. Ia bahkan beberapa kali memanjat pagar agar tetap bisa masuk sekolah.

Ibu DA, Nancy Pongoliu, mengatakan bahwa ia dan anaknya sempat mendatangi sekolah dan meminta penjelasan. Namun, Nancy dan DA justru dimarahi oleh beberapa guru.

“Sekolah minta kami pindah saja ke sekolah lain, padahal sekarang anak saya sudah kelas tiga dan sebentar lagi ujian,” tambah Nancy.

Baca Juga: Sering Ketiduran di Kelas, Siswa SMAN 4 Manado Dikeluarkan

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya