37 Pohon Tumbang di Kota Manado dalam 2 Minggu Terakhir

Pohon tumbang tersebut akiat cuaca ekstrem

Manado, IDN Times – Cuaca ekstrem yang melanda Sulawesi Utara selama dua minggu terakhir menyebabkan banyak terjadi pohon tumbang. Salah satunya pohon tumbang di Kelurahan Tanjung Batu, Kota Manado, pada Kamis (12/1/2023).

Salah seorang warga bernama Maya mengatakan pohon tersebut tumbang sekitar pukul 09.30 Wita. Pohon tumbang tersebut menimpa instalasi listrik milik PLN yang menyebabkan pemadaman di Kelurahan Tanjung Batu.

“Untung waktu itu jalanan sepi, nggak ada yang parkir mobil juga di pinggir jalan. Jadi tidak ada korban jiwa atau mobil tertimpa pohon,” ujar Maya.

1. Warga mengaku rumahnya tiba-tiba mati listrik

37 Pohon Tumbang di Kota Manado dalam 2 Minggu TerakhirPetugas memindahkan bongkahan pohon tumbang ke truk di Kelurahan Tanjung Batu, Wanea, Manado, Sulawesi Utara, Kamis (12/1/2023). IDNTimes/Ungke Pepotoh/bt

Sebelumnya, Maya sedang di rumah dan tiba-tiba mati lampu. Ia kemudian keluar dan ada tetangganya yang mengabarkan bahwa ada pohon tumbang.

Maya langsung mendatangi lokasi pohon tumbang yang hanya berjarak sekitar 200 meter dari rumahnya. Ketika sampai, ia belum melihat ada petugas yang datang.

“Tidak langsung datang. Ada mungkin sekitar setengah jam petugas baru datang,” ucap Maya.

2. Ada 37 pohon tumbang dalam kurun waktu 2 minggu

37 Pohon Tumbang di Kota Manado dalam 2 Minggu TerakhirPetugas membersihkan jalan akibat pohon tumbang di Kelurahan Tanjung batu, Wanea, Manado, Sulawesi Utara, Kamis (12/1/2023). IDNTimes/Ungke Pepotoh/bt

Berdasarkan keterangan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Manado, pohon tumbang di Kelurahan Tanjung Batu tersebut berjenis akasia yang kurang lebih berusia 30 tahun. Diameter pohon tersebut kurang lebih berdiameter 80-100 cm.

Selain itu, Kepala Bidang Pengendalian, Pencemaran, dan Kerusakan Lingkungan DLH Manado, Refly Lontaan, mengatakan hampir setiap hari ada pohon tumbang. Bahkan, selama 2 minggu terakhir sudah ada 37 pohon tumbang di Kota Manado.

“Pernah satu hari ada 8 pohon tumbang di Kota Manado,” ujar Refly.

3. DLH Manado menerima permintaan penebangan pohon setiap hari

37 Pohon Tumbang di Kota Manado dalam 2 Minggu TerakhirPetugas berusaha memindahkan pohon tumbang di Kelurahan Tanjung Batu, Wanea, Manado, Sulawesi Utara, Kamis (12/1/2023). IDNTimes/Ungke Pepotoh/bt

Sejak akhir tahun 2022, Refly mengaku pihaknya hampir setiap hari menerima permintaan penebangan pohon. Penebangan tersebut guna mencegah pohon tumbang.

“Tapi tentu ada yang kita prioritaskan dulu, tidak semua bisa langsung ditebang saat itu juga,” terang Refly.

Di sisi lain, DLH Manado telah membentuk 4 tim khusus untuk mengantisipasi pohon tumbang.(*)

Baca Juga: Ditangkap di Papua, Lukas Enembe Sempat Transit di Manado

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya