WCD 2019, Warga Gowa Gelar Aksi Bersih-bersih Lingkungan

Peringatan World Cleanup Day di Kabupaten Gowa

Makassar, IDN Times - Peringatan World Cleanup Day (WCD) atau hari bersih-bersih sedunia pada Sabtu (21/9) turut diselenggarakan di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Aksi kebersihan menyasar ratusan titik di daerah itu.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Gowa Marsuki menjelaskan peringatan peduli lingkungan ini serentak dilaksanakan serentak di 34 provinsi di Indonesia dan 157 negara di seluruh dunia.

"Kabupaten Gowa sendiri ada ratusan titik yang tersebar, untuk tingkat Kabupaten Gowa di sini (Pasar Induk Minasamaupa), 18 titik di ibukota kecamatan se- Gowa, 121 titik pada ibu kota desa, dan 46 titik pada ibu kota kelurahan, kami bagi agar aksi ini bisa menyeluruh di Kabupaten Gowa," kata Marzuki dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Sabtu (21/9).

1. Cleanup for Peaceful Indonesia

WCD 2019, Warga Gowa Gelar Aksi Bersih-bersih LingkunganHumas Pemkab Gowa

Marzuki mengatakan gerakan WCD di Indonesia tahun ini mendorong tema Cleanup for Peaceful Indonesia. Tujuannya, kata Marzuki, untuk menciptakan lingkungan bersih, dengan mendorong partisipasi masyarakat.

Sementara itu, Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni mengaku, permasalahan sampah bukan hanya menjadi permasalahan Inonesia melainkan seluruh dunia. Sehingga untuk mengatasi masalah dan tantangan tersebut pihaknya bekerja secara kolaboratif dalam semangat gotong royong, salah satunya melalui aksi bersih-bersih sedunia ini.

"Tentunya Kabupaten Gowa tidak ingin ketinggalan bekontribusi dalam kegiatan penting ini, sebagai bentuk kepedulian kita terhadap sampah, terutama sampah plastik yang menjadi isu internasional," Rauf menerangkan.

2. Gowa telah memberlakukan Perda pengelolaan sampah

WCD 2019, Warga Gowa Gelar Aksi Bersih-bersih LingkunganHumas Pemkab Gowa

Abd Rauf membeberkan, permasalahan sampah menjadi salah satu fokus urusan pemerintahannya. Terbukti, kata dia, sejak 23 Oktober 2018 telah ditetapkan dan diundangkan Peraturan Bupati No 44 Tahun 2018 Tentang Kebijakan dan Strategi Daerah Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga.

Target dari Perbup itu, menurut Rauf, bisa menekan 30 persen pengurangan sampah pada tahun 2025 dan 70 persen penanganan sampah di tahun yang sama.

"Target ini kita lakukan agar jumlah timbunan sampah bisa berkurang melalui pengelolaan sampah dari sumbernya dengan 3R (reduce, reuse, recycle," kata Rauf.

Baca Juga: World Cleanup Day, Kabupaten Gowa Targetkan Seribu Bank Sampah  

3. Upaya pengurangan sampah plastik di Gowa

WCD 2019, Warga Gowa Gelar Aksi Bersih-bersih LingkunganHumas Pemkab Gowa

Lebih jauh Rauf mengatakan, Pemerintah Kabupaten Gowa telah membuat surat edaran penggunaan wadah tumbler air minum isi ulang tanpa menggunakan botol plastik kemasan.

Aksi bersih-bersih sampah tingkat Kabupaten Gowa ini dilaksanakan bersama oleh Pemerintah Kabupaten Gowa, TNI, Polri, komunitas pemuda dan masyarakat umum.

Baca Juga: Accera Kalompoang dan Petunjuk Masa Depan Tanah Gowa

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya