Seorang Pendaki Dikabarkan Hilang di Gunung Sonrongan Pangkep

Seorang Pemuda Dilaporkan Hilang di Gunung Sonrongan Pangkep

Makassar, IDN Times - Basarnas Makassar menerima laporan hilangnya seorang pemuda di Gunung Bulu Sonrongan, Desa Parenreng, Kecamatan Segeri, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan (Sulsel), Selasa (30/8/2023).

Kepala Kantor Basarnas Makassar, Mexianus Bekabel mengatakan, personelnya langsung menuju lokasi kejadian usai menerima laporan tersebut.

"Kami menerima laporan adanya seorang pemuda belum kembali dari Gunung Sonrongan Kabupaten Pangkep dan langsung diaksi dengan mengerahkan personel di Pos Unit Siaga Parepare," ungkap Mexianus dalam keterangan tertulis.

1. Identitas pemuda yang hilang di Gunung Sonrongan

Seorang Pendaki Dikabarkan Hilang di Gunung Sonrongan PangkepTim SAR bersiap mencari keberadaan korban hilang di Gunung Sonrongan Pangkep/Istimewa

Lebih lanjut Mexianus menjelaskan, berdasar laporan yang diterima Basarnas Makassar, korban diketahui bernama Fitrah Perdana (24), beralamat Desa Macanang, Kecamatan Tanete Riattang Barat, Kabupaten Bone.

Korban disebut terlihat mendaki Gunung Sonrongan sejak Jumat (25/8/2023) pagi dan menitip motor yang dikendarainya di kolong rumah warga dekat kaki gunung. Namun, hingga Rabu (30/8/2023) korban belum juga kembali.

2. Korban sempat dilarang mendaki

Seorang Pendaki Dikabarkan Hilang di Gunung Sonrongan PangkepIlustrasi komunitas mendaki gunung (pexels.com/Eric Sanman)

Warga sekitar kaki gunung, menurut Mexianus, awalnya sempat melarang pemuda tersebut untuk mendaki gunung, karena terlihat tidak menyiapkan perlengkapan yang memadai.

"Karena korban hanya terlihat membawa tas kecil dan seorang diri. Tapi dia tidak menghiraukan dan hanya menjawab bahwa sudah pernah mendaki sebelumnya lalu terus berjalan naik," jelas Mexianus.

Adapun beberapa pendaki yang melakukan pendakian pada Sabtu hingga Minggu pada gunung yang sama, mengaku tidak melihat keberadaan korban di sepanjang jalur pendakian.

Baca Juga: Digugat Kader Gerindra Pangkep, Prabowo Subianto Tak Hadiri Sidang

3. Tim SAR mencari keberadaan korban

Seorang Pendaki Dikabarkan Hilang di Gunung Sonrongan PangkepIlustrasi pendaki gunung. Pixabay.com/Ady_Fauzan

Atas hasil penyidikan pihak berwenang, maka korban dinyatakan hilang di Gunung Sonrongan dan mulai dilakukan pencarian oleh pihak Basarnas dan Potensi SAR setempat.

"Hari ini, personel Basarnas bersama Potensi Sar sementara melakukan pencarian dengan menyisir naik ke gunung dan memeriksa tebing sepanjang jalur pendakian," tutup Mexianus.

Baca Juga: Mobil Listrik Rakitan Siswa SMKN 2 Pangkep Dipamerkan di HUT ke-78 RI

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya