Sejumlah Tokoh Sulsel Hadiri Pemakaman Jenazah Ichsan Yasin Limpo

Gubernur Sulsel pimpin prosesi pemakaman

Makassar, IDN Times - Prosesi pemakaman jenazah mantan Bupati Gowa, Ichsan Yasin Limpo dihadiri sejumlah pejabat, politikus, dan tokoh masyarakat Sulawesi Selatan. Almarhum Ichsan dimakamkan di Taman Pemakaman Islam Panaikang, Makassar pada Kamis siang(1/8).

Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah yang memimpin prosesi pemakaman jenazah Ichsan mengatakan, pelopor pendidikan gratis di Gowa itu adalah salah satu tokoh besar yang pernah dimiliki Sulawesi Selatan. Ia pun mengaku sangat kehilangan sosok Ichsan.

"Inalillahi wa Inna ilaihi Raji’un. Kita telah kehilangan salah satu putra terbaik Sulsel,” kata Nurdin Abdullah dalam sambutannya.

1. Warga berbondong-bondong mengantar jenazah Ichsan

Sejumlah Tokoh Sulsel Hadiri Pemakaman Jenazah Ichsan Yasin LimpoHumas Pemkab Gowa

Sejak Rabu malam (31/7), ratusan pelayat datang berbondong-bondong menunggu kedatangan jenazah Ichsan di kediaman orangtuanya, di Jalan Haji Bau Makassar, tak jauh dari rumah Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.

Jenazah tiba di Makassar dari Jakarta sekitar pukul 23.30 WITA. Sebelumnya jenazah Ichsan diterbangkan dari Tokyo, Jepang di hari yang sama.

Pada hari pemakaman, Kamis (1/8), ribuan warga ikut dalam prosesi Salat jenazah di Masjid Agung Syekh Yusuf. Setelah disalatkan, jenazah lalu diantar ke Taman Pemakaman Islam Panaikang.

Baca Juga: Perjuangan Ichsan Yasin Limpo Melawan Kanker Paru

2. Deretan pejabat dan politikus turut hadir

Sejumlah Tokoh Sulsel Hadiri Pemakaman Jenazah Ichsan Yasin LimpoHumas Pemkab Gowa

Selain Nurdin Abdullah, sejumlah tokoh dan pejabat pemerintahan di Sulawesi Selatan turut hadir mengantar Ichsan ke tempat peristirahatan terakhir.

Tampak kehadiran Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Ketua DPRD Sulsel Moh Roem, mantan Wali Kota Makassar Danny Pomanto, seluruh keluarga Yasin Limpo, serta tokoh sejumlah tokoh masyarakat.

3. Ichsan meninggal karena kanker

Sejumlah Tokoh Sulsel Hadiri Pemakaman Jenazah Ichsan Yasin LimpoInstagram.com/adnanpurichtaichsan

Ichsan Yasin Limpo meninggal saat tengah menjalani perawatan di rumah sakit di Tokyo, Jepang, Selasa (30/7). Di akhir hayatnya dia berjuang melawan penyakit kanker paru-paru stadium empat yang dia derita.

Ichsan wafat setelah tiga bulan dirawat. Selain di Jepang, dia juga menjalani perawatan di Singapura. Ichsan meninggal di usia 58 tahun 4 bulan, meningalkan istri Novita Madonza Amu dan empat orang anak.

Baca Juga: Ichsan Yasin Limpo, si Pendobrak Bidang Pendidikan Sulawesi Selatan

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya