Ledakan Tungku Smelter di PT IMIP Morowali, Sejumlah Pekerja Tewas

Ledakan di PT IMIP Morowali terjadi pada Minggu subuh

Makassar, IDN Times - Tungku smelter PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) di Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) Sulawesi Tengah (Sulteng) meledak, Minggu (24/12/2023). Sejumlah korban dikabarkan meninggal dunia pada peristiwa itu.

Menurut keterangan saksi, ledakan tungku smelter di IMIP Morowali terjadi sekitar pukul 05.30 Wita. Kasi Humas Polres Morowali, Ipda Hamid, mengatakan, aparat kepolisian masih berada di lokasi kejadian. 

"Benar ada korban, anggota Polres Morowali sementara di lapangan," kata Hamid kepada jurnalis saat dikonfirmasi.

1. Penyebab ledakan tungku smelter di IMIP Morowali

Ledakan Tungku Smelter di PT IMIP Morowali, Sejumlah Pekerja TewasTangkapan layar dari video ledakan di PT IMIP Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng)/Istimewa

Hamid menambahkan, saat ini penyebab ledakan di IMIP Morowali belum bisa dipastikan. Hanya saja, menurut keterangan saksi, ledakan terjadi saat perbaikan tungku smelter.

"Masih Sementara TPTKP, untuk keterangan menunggu, anggota sementara di lapangan," tambah Hamid.

2. WALHI desak pemerintah hentikan produksi PT IMIP

Ledakan Tungku Smelter di PT IMIP Morowali, Sejumlah Pekerja TewasTangkapan layar dari video ledakan di PT IMIP Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng)/Istimewa

Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Sulteng mendesak, pemerintah bertindak atas peristiwa ledakan yang terjadi di kawasan IMIP Morowali. Peristiwa serupa, dalam catatan WALHI Sulteng, telah berulang kali terjadi hingga menyebabkan banyak korban meninggal dunia. 

"Memberikan sanksi tegas terhadap PT IMIP, mengingat korban tidak sedikit dan seringkali terjadi kecelakaan kerja seperti ini, pemerintah jangan hanya kampanye hilirisasi nikel saja dengan angin surga atas keuntungan yang diperoleh tanpa melihat kenyataan di lapangan, nyawa melayang hidup sengsara akibat kawasan yang kacau dan amburadul,” kata Aulia Hakim, Kepala Advokasi dan Kampanye WALHI Sulteng.

3. Peristiwa berulang di IMIP Morowali

Ledakan Tungku Smelter di PT IMIP Morowali, Sejumlah Pekerja TewasSmelter PT GNI di Morowali (dok. IDN Times/Istimewa)

WALHI Sulteng mencatat, pada 22 Desember 2022 lalu, dua pekerja di PT IMIP Morowali mengalami kecelakaan serupa akibat ledakan tungku yang terjadi di kawasan industry nikel milik PT Gunbuster Nickel Industri (PT GNI), sebuah perusahaan besar asal Tiongkok yang beroperasi di Kabupaten Morowali Utara, sehingga merenggut nyawa Nirwana Sale dan Made Defri.

Belum lagi pada 27 april 2023 lalu, dua pekerja dumping di PT Indonesia Guang Ching Nickel and Stainless Industry, yang juga berada dalam kawasan PT IMIP mengalami kecelakaan kerja sehingga merenggut nyawa Arif dan Masriadi.

“Lagi-lagi kita melihat bagaimana pekerja yang ditumbalkan guna mengejar keuntungan semata, kecelakaan kerja diakibatkan karena  penyediaan APD atau alat keselamatan yang tidak pernah dipatuhi oleh perusahaan, ditambah paraturan jam kerja yang semena-mena, rotasi kerja yang kacau, dan juga perlatan yang dioperasikan tidak terkontrol merupakan pemicu kecelakaan itu terjadi” tegas Aulia.

Baca Juga: Bentrokan di PT GNI Morowali Utara, 3 Pekerja Tewas, 6 Mobil Dibakar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya