Bentrokan di PT GNI Morowali Utara, 3 Pekerja Tewas, 6 Mobil Dibakar

Bentrokan melibatkan TKA di PT GNI Morowali Utara

Makassar, IDN Times - Kericuhan terjadi di kawasan pabrik smelter PT Gunbuster Nickel Industry atau PT GNI di Morowali Utara, Sulawesi Tengah, Sabtu (14/1/2023). Peristiwa itu mengakibatkan dua pekerja asing dan satu pekerja lokal meninggal dunia.

Kepala Bidang Humas (Kabid Humas) Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah (Polda Sulteng), Komisaris Besar Polisi Didik Supranoto mengatakan, usai kejadian itu, 69 orang yang dianggap provokator telah ditangkap.

"Sekarang sudah ada 69 yang dianggap provokator, mereka diammankan di Polres Morowali Utara," kata Didik kepada wartawan di Kota Palu, Sulteng, Minggu (15/1/2023).

1. Kronologi kericuhan

Bentrokan di PT GNI Morowali Utara, 3 Pekerja Tewas, 6 Mobil DibakarKawasan pabrik smelter PT GNI di Morowali Utara, Sulawesi Tengah (Sulteng). Dok. IDN Times/gunbusternickelindustry

Didik menjelaskan, peristiwa bentrokan di kawasan pabrik smelter PT GNI Morowali Utara bermula dari tuntutan sejumlah karyawan yang tergabung dalam Serikat Pekerja Nasional (SPN) agar pihak perusahaan memperpanjang kontrak kerja karyawan yang telah habis masa kontraknya.

"Karena belum ada kesepakatan, maka para karyawan ini membuat surat pemberitahuan mogok kerja pada hari Sabtu (14/1/2023)," kata Didik.

Aksi mogok kerja dimulai pada Sabtu (15/1/2023) mulai pukul 0600 WITA, Didik menjelaskan. Sekitar pukul 12.00 WITA, massa aksi disebut menghalangi pekerja lain yang didominasi tenaga kerja asing yang hendak masuk kawasan pabrik PT GNI. Bentrokan pun tidak terhindarkan.

2. Mobil dan mes pekerja PT GNI dibakar

Bentrokan di PT GNI Morowali Utara, 3 Pekerja Tewas, 6 Mobil DibakarIlustrasi mobil terbakar. Dok. IDN Times/Istimewa

Bentrokan berlanjut hingga pukul 19.30 WITA. Para pemogok kerja yang hendak dibubarkan oleh petugas keamanan atau sekuriti PT GNI melakukan perlawanan. "Malam hari mereka menerobos, dan akhirnya terjadi keributan karyawan di dalam dan di luar," tambah Didik.

Bentrokan yang semakin memanas mengakibatkan terjadinya pembakaran sejumlah mobil milik perusahaan "Ada mobil, ada motor, jumlah pasti saya tidak tahu, termasuk ada mess yang terbakar."

Dalam rilis pers Polda Sulteng yang diterima IDN Times, tercatat enam unit mobil terbakar dan satu lainnya dirusak. Sementara sekitar 100 kamar di gedung mes pekerja mengalami dibakar dan dirusak.

3. Polisi imbau masyarakat tenang

Bentrokan di PT GNI Morowali Utara, 3 Pekerja Tewas, 6 Mobil DibakarKepala Bidang Humas Polda Sulteng, Kombes Pol Didik Supranoto/Dok IDN Times/Istimewa

Peristiwa bentrokan di kawasan pabrik smelter PT GNI di Morowali Utara, kata Didik, jangan sampai menimbulkan keresahan di tengah masyarakat. 

"Tidak terprovokasi dengan berita yang belum tentu kebenarannya, khususnya masyarakat di sekitar Morowali," harap Didik.

Saat ini, situasi di PT GNI sudah kondusif. Hari ini juga diadakan pertemuan antara pihak perusahaan dengan Kapolda Sulteng, Kapolres Morowali Utara, Danrem, Dandim, dan pihak terkait lainnya untuk membahas persoalan ini.

Baca Juga: Nirwana Selle, Seleb TikTok Meninggal dalam Kebakaran Smelter di Morut

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya