Demo hingga Petang, Mahasiswa Ngotot Ingin Duduki DPRD Sulsel

Massa tergabung dalam Aliansi Masyarakat Menggugat Keadilan

Makassar, IDN Times - Mahasiswa lintas perguruan tinggi yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Sipil Menggugat Keadilan, berunjuk rasa di depan Kantor DPRD Sulawesi Selatan, Jalan Urip Sumoharjo Makassar, Senin (30/9). Ribuan peserta aksi menutup akses lalu lintas di depan DPRD dengan duduk di badan jalan.

Selain menyuarakan sejumlah tuntutan terkait kebijakan Pemerintah dan DPR, massa juga menuntut untuk bisa menduduki Kantor DPRD Sulsel. Mereka ingin melihat langsung bagaimana kinerja legislator DPRD Sulsel, di samping ingin memberi tekanan politik kepada para wakil rakyat di DPR RI.

"Kenapa kami ingin melakukan pendudukan, karena beberapa kali hasil dialog hanya berakhir dengan janji-janji, kawan-kawan," kata salah satu koordinator aksi.

1. Aliansi Masyarakat Sipil Menggugat Keadilan menaungi mahasiswa dari sejumlah kampus di Makassar

Demo hingga Petang, Mahasiswa Ngotot Ingin Duduki DPRD SulselIDN Times/Aan Pranata

Sebagian massa mengenakan jas merah yang identik dengan almamater Universitas Hasanuddin. Sebagian lagi berasal dari kampus lain seperti Universitas Muslim Indonesia (UMI), Universitas Muhammadiyah (Unismuh), dan sebagainya.

Saat unjuk rasa berlangsung, Kantor DPRD Sulsel dijaga ketat oleh aparat Kepolisian. Paga bagian pagar depan dikelilingi kawat berduri yang membatasi massa dengan kawasan perkantoran DPRD.

2. Anggota Dewan temui massa aksi

Demo hingga Petang, Mahasiswa Ngotot Ingin Duduki DPRD SulselIDN Times/Aan Pranata

Massa sempat ditemui oleh legislator NasDem Sulsel Arum Spink. Dia berjanji lembaga DPRD Sulsel bakal mengawal aspirasi mahasiswa dan aliansi masyarakat untuk diteruskan ke DPR RI.

Hanya saja, permintaan massa untuk menduduki DPRD Sulsel belum bisa dipenuhi. "Saya akan minta izin dulu kepada aparat keamanan untuk mengkonfirmasi permintaan saudara-saudara," ucap Arum Spink.

Hingga pukul 17.09 Wita, massa masih duduk di jalan raya depan DPRD. Jika permintaan tidak dipenuhi, massa berencana menggelar panggung demokrasi di lokasi tersebut.

Baca Juga: [BREAKING] Gerak Buruh Turut Ikut Demo di DPRD Sulsel, Ini Tuntutannya

3. Mahasiswa Unhas long march ke DPRD

Demo hingga Petang, Mahasiswa Ngotot Ingin Duduki DPRD SulselIDN Times/Aan Pranata

Sebelumnya diberitakan, mahasiswa Unhas dan aliansi masyarakat merapat ke DPRD Sulsel Jalan Urip Sumoharjo, sekitar pukul 15.30 Wita. Mereka datang setelah menempuh perjalanan panjang atau 'long march' dari kampus Unhas, Jalan Perintis Kemerdekaan melalui jembatan layang atau fly over.

Pantauan IDN Times, sebagian anggota massa Unhas melaksanakan salat berjemaah setibanya di kawasan DPRD Sulsel. Mereka berencana berorasi untuk menyuarakan protes terhadap sejumlah kebijakan Pemerintah dan DPR, termasuk penolakan atas Revisi Kitab Umum Hukum Pidana (RKUHP).

"Kawan-kawan, ingat aksi kita hari ini adalah aksi damai," kata salah seorang koordinator massa lewat pengeras suara.

Sejak siang, ribuan massa sudah memadati jalan di depan DPRD Sulsel. Mereka bergantian berorasi menggunakan pengeras suara. Massa yang bergabung dalam aksi hari ini, antara lain aliansi BEM se-Universitas Negeri Makassar, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Gerak Buru, dan lain-lain.

Laporan: IDN Times/Aan Pranata

Baca Juga: Ribuan Mahasiswa Unhas 'Long March' ke DPRD Sulsel

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya