Modus Beli Rokok, OTK Tembak Pedagang di Puncak Jaya

Korban tewas ditembak di bagian rahang kanan

Puncak Jaya, IDN Times – Seorang pedagang di Kampung Pruleme, Distrik Mulia, Kabupaten Puncak Jaya, Papua Tengah, tewas ditembak orang tak dikenal (OTK) pada Selasa (31/10/2023).

Kepala Satuan Tugas Humas Damai Cartenz, AKBP Bayu Suseno, saat dikonfirmasi membenarkan soal peristiwa penembakan tersebut.

"Benar, kami dapat laporan dari Polres Puncak Jaya bahwa telah terjadi penembakan oleh OTK yang diduga KKB terhadap pemilik kios atas nama Jermanto Simanjuntak pukul 18.30 WIT," ujar Bayu via WhatsApp, Rabu (1/11/2023).

Baca Juga: Masyarakat Adat di Mimika Papua Tengah Tolak Pembukaan Tambang Migas

1. Kronologi peristiwa penembakan

Modus Beli Rokok, OTK Tembak Pedagang di Puncak JayaIlustrasi penembakan (IDN Times/Sukma Shakti)

Bayu menjelaskan, kejadian penembakan itu bermula ketika korban dan istrinya sedang makan sekitar pukul 18.30 WIT. Pada saat itu, kondisi kios milik korban dalam keadaan sudah ditutup.

Korban mendengar suara ketukan pintu dari luar. Saat membuka pintu, seseorang yang tidak dikenal itu langsung menodongkan senjata ke arah korban dan menembaknya sebanyak satu kali.

"Dari keterangan saksi yaitu istri korban, di saat korban membuka pintu, OTK tersebut berkata beli rokok Marlboro merah, dan istri korban menjawab tidak ada. Pada saat yang bersamaan, pelaku tersebut langsung menodongkan dan menembak korban," Bayu menjelaskan.

2. Ciri-ciri pelaku penembakan

Modus Beli Rokok, OTK Tembak Pedagang di Puncak JayaKasatgas Humas Damai Cartenz, AKBP Dr. Bayu Suseno. (IDN Times/Istimewa)

Bayu mengungkapkan bahwa pelaku menggunakan pakaian berwarna hitam saat melakukan aksinya. "Saksi menerangkan ciri-ciri pelaku menggunakan pakaian hitam, berkulit hitam, rambut keriting, ukuran tubuh pendek dan membawa pistol" terang Bayu.

Lebih lanjut Bayu menyampaikan bahwa berdasarkan keterangan Dokter RSUD, korban mengalami luka tembak pada rahang kanan. Gigi geraham kanan pun hancur dan proyektil diduga masih bersarang di antara leher dan kepala korban akibat penembakan tersebut.

"Korban meninggal dunia pada pukul 19.30 WIT saat dilakukan tindakan medis," ujar Bayu.

3. Polisi selidiki motif penembakan tersebut

Modus Beli Rokok, OTK Tembak Pedagang di Puncak Jayailustrasi penembakan (IDN Times/Mardya Shakti)

Bayu juga menyatakan bahwa saat ini, pihak Satgas Damai Cartenz bersama Polres Puncak Jaya masih menyelidiki motif pelaku melakukan penembakan tersebut. Identitas pelaku juga belum diketahui.

"Saat ini, tim kami masih lakukan serangkaian tindakan penyelidikan untuk mencari pelakunya serta menyelidiki motif pelaku penembakan," ucapnya.

Baca Juga: Identitas 6 Jenazah Korban Pembantaian KKB di Yahukimo Papua

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya