Identitas 6 Jenazah Korban Pembantaian KKB di Yahukimo Papua

Jenazah telah diserahkan ke keluarga korban

Yahukimo, IDN Times - Satgas Operasi Damai Cartenz membeberkan identitas enam Jenazah korban pembantaian kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya di Kali I, Distrik Seredela, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan, Sabtu (28/10/2023).

Personel gabungan TNI-Polri yang terdiri dari Satgas Damai Cartenz, Polres Yahukimo, dan Kodim 1715/Yahukimo menemukan, enam jenazah korban saat penyisiran di lokasi, Jumat dini hari (27/10/2023). Jenazah dievakuasi ke RSUD Dekai Yahukimo untuk divisum dan diidentifikasi.

Baca Juga: Aparat Kembali Temukan 6 Jenazah Korban Pembantaian KKB di Yahukimo

1. Identitas enam korban diidentifikasi

Identitas 6 Jenazah Korban Pembantaian KKB di Yahukimo PapuaProses identifikasi keenam jenazah korban pembantaian KKB di Yahukimo. (IDN Times/Istimewa)

Kasatgas Humas Damai Cartenz 2023, AKBP Dr. Bayu Suseno, melalui rilis tertulisnya pada Sabtu (28/10/2023) menyebutkan bahwa pihak RSUD Dekai dan kepolisian telah mengetahui identitas masing-masing jenazah. "Alhamdulillah, kita sudah dapat mengidentikasi para korban," ujar Bayu.

Berikut identitas para korban yang diidentifikasi:

  1. Oktavianus Lenteng alias Boplang, 25 tahun, Suku Palopo, alamat Kecamatan Riung Barat, Nusa Tenggara Timur.
  2. Marselinus Luik, 34 Tahun, alamat Netenaen, Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur.
  3. Akmal, 23 tahun, Pinrang, alamat Kelurahan Sirang, Kecamatan Lansirang, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan.
  4. Andika, 27 tahun, alamat Kelurahan Lambai, Kecamatan Lambai, Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara.
  5. Ibrahim
  6. Rangga

"Untuk rangga dan Ibrahim belum diketahui warga mana karena saksi-saksi hanya mengetahui nama panggilan sehari-hari dan di TKP, tidak ditemukan adanya identitas," Bayu menerangkan.

2. Kondisi jenazah para korban mengenaskan

Identitas 6 Jenazah Korban Pembantaian KKB di Yahukimo PapuaKasatgas Humas Damai Cartenz 2023, AKBP Dr. Bayu Suseno. (IDN Times/Istimewa)

Bayu juga mengungkapkan bahwa kondisi keenam mayat tersebut tampak mengenaskan. Saat ditemukan, jenazah sudah membusuk.

"Dan ada yang kondisinya dibakar oleh KKB yaitu Akmal dan Andika," jelas Bayu.

3. Keenam jenazah telah diserahkan ke keluarga korban

Identitas 6 Jenazah Korban Pembantaian KKB di Yahukimo PapuaPenyerahan jenazah korban pembantaian KKB di Yahukimo kepada pihak keluarga. (IDN Times/Istimewa)

Lebih lanjut Bayu menyampaikan bahwa keenam jenazah tersebut telah diserahkan kepada pihak keluarga untuk dikebumikan. Jenazah juga sudah dimakamkan di TPU Kilometer 6, Dekai, Yahukimo, Jumat.

Bayu menambahkan, pihaknya bersama-sama dengan TNI akan menindak tegas para pelaku pembantaian warga. "Kami akan lakukan pengejaran dan penegakan hukum terhadap KKB," kata Bayu.

Baca Juga: Korban Penembakan di Papua Belum Ditemukan, Keluarga di Makassar Resah

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya