Hari Kedua PSBB Gorontalo, Polisi Akui Banyak Warga Belum Tahu Aturan

Kendaraan yang hendak masuk kota diminta putar balik

Gorontalo, IDN Times - Hari kedua penerapan dan sosialisasi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Provinsi Gorontalo, terpantau masih banyak masyarakat yang melakukan aktivitas tanpa mengikuti aturan. Bahkan pada malam hari pun di beberapa ruas jalan masih ramai oleh pengendara.

“Bisa rekan-rekan lihat kan, bahwasanya sampai hari ini masih banyak masyarakat yang belum betul-betul paham apa yang telah diatur dalam PSBB tersebut,” kata Kapolres Gorontalo Kota, Akbp. Desmont Harjendro saat memantau langsung sosialisasi di jantung Kota Gorontalo Bundaran Saronde, selasa (5/5).

Pada hari kedua PSBB di Gorontalo, gabungan personel Kepolisian Polres Gorontalo Kota, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kominfo) Provinsi Gorontalo masih terus melakukan sosialisasi.

1. Saat berkendara masyarakat tak patuhi aturan PSBB

Hari Kedua PSBB Gorontalo, Polisi Akui Banyak Warga Belum Tahu AturanPengendara sepedah bermotor melebihi batas maksimal 50% berhentikan dan diberikan arahan, IDN Times/Elias

Menurut Kapolres Desmont, banyak pengendara motor dan mobil yang melebihi kapasitas penumpang. Seperti yang diatur dalam Pergub bahwa pengendara tidak bisa melebihi kapasitas 50% selama PSBB berlangsung.

“Nah ini yang terus kita lakukan kita koordinasikan dengan jajaran pemerintah provinsi dan pemerintah Kota Gorontalo, dengan rekan-rekan TNI tentunya kita melakukan imbauan-imbauan” ujar Desmont.

Petugas Satpol PP pun turut memberhentikan para pengendara yang melebihi kapasitas penumpang. Dan para penumpang diberikan arahan juga sosialisasi tentang pelaksanaan PSBB.

2. Polres Gorontalo Kota terus melakukan pemantauan situasi jalan

Hari Kedua PSBB Gorontalo, Polisi Akui Banyak Warga Belum Tahu AturanIDN Times/Elias

Seluruh aktivitas masyarakat Gorontalo dibatasi dari jam 06.00 WITA sampai 17.00 WITA. Di luar batas waktu aktivitas yang telah ditentukan itu kepolisian akan menindak masyarakat yang masih melanggar. 

“Kita akan melakukan penyekatan dengan cara memberhentikan apabila masih ada masyarakat yang melanggar sesuai dengan apa yang diatur dalam Pergub masalah PSBB,” tuturnya.

Ia juga menjelaskan, jika masih ada kendaraan yang hendak memasuki wilayah Kota Gorontalo, pihaknya juga akan mengimbau agar mereka kembali ke kediaman dan tak keluar lagi.

“Jadi kendaraan yang mungkin ada rencana memasuki wilayah kota kita akan (mengimbau pengendara) memutar balik arah ke rumah,” katanya.

Baca Juga: PSBB Gorontalo Dimulai Besok, Seluruh Akses Keluar Masuk Ditutup

3. Kepolisian akan melakukan pengamanan hingga malam hari

Hari Kedua PSBB Gorontalo, Polisi Akui Banyak Warga Belum Tahu AturanIDN Times/Elias

Desmont melanjutkan, pada penerapan dan juga sosialisasi PSBB pihaknya akan melakukan pengamanan hingga malam hari. Prioritas utama pengamanan malam hari akan dilakukan di titik-titik atau simpang jalan utama.

“Untuk malam sama, kita masih melakukan pengamanan terus. Jadi untuk titik-titik simpang yang besar yang rawan kita lakukan pengamanan,” ujar Desmont.

Sosialisasi PSBB yang akan berakhir pada besok hari, Desmont berharap agar masyarakat Gorontalo khususnya Kota Gorontalo agar lebih memahami dan mematuhi peraturan selama PSBB.

Baca Juga: Ratusan Orang Hadiri Seremoni Penerapan PSBB Provinsi Gorontalo

Hari Kedua PSBB Gorontalo, Polisi Akui Banyak Warga Belum Tahu Aturan(IDN Times/Arief Rahmat)

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya