Ratusan Orang Hadiri Seremoni Penerapan PSBB Provinsi Gorontalo

Gubernur tutup seluruh akses keluar masuk Gorontalo

Gorontalo, IDN Times - Ratusan orang menghadiri seremoni dimulainya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) Provinsi Gorontalo, Senin (4/5) di Kota Gorontalo. PSBB di wilayah itu diterapkan selama 14 hari kedepan, tepatnya berakhir pada 18 Mei 2020. 

Peresmian PSBB se-Provinsi Gorontalo ditandai dengan pembunyian sirene dan pembacaan secara terbuka Surat Keputusan (SK) Gubernur terkait penerapan PSBB. Setelahnya, Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie melakukan pula pembagian sembako secara simbolis kepada sejumlah warga terdampak COVID-19.

“Dukung kami untuk mensukseskan PSBB selama 14 hari untuk Gorontalo. Untuk rakyat, masker ku untuk kamu, masker-mu untuk aku, lebih baik tinggal di rumah daripada tinggal di rumah sakit,” kata Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie saat peluncuran dan sosialisasi PSBB.

1. Selama PSBB tak ada lagi akses keluar masuk Gorontalo

Ratusan Orang Hadiri Seremoni Penerapan PSBB Provinsi GorontaloIDN Times/Elias

Ia mengatakan, seluruh akses keluar masuk baik bandara, pelabuhan dan jalur darat sudah ditutup selama pelaksanaan PSBB, “Hari ini kita sudah tutup, nggak boleh ada (aktivitas). Di (jalur) laut, darat dan udara sudah kita tutup mulai berlaku sejak jam 6 tadi pagi,” katanya.

Ia pun sudah melakukan koordinasi dengan Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) bahwa Gorontalo per hari Senin hingga 14 hari kedepan sudah tidak memberikan akses keluar masuk di wilayahnya.

“Hari ini pemberlakuan penutupan perbatasan sebelas pintu masuk (Gorontalo) Kecamatan Atinggola, Tolinggula, Molosipat, Bone Pesisir sama pelabuhan laut, bandar udara penyeberangan sudah kita close sekarang,” ungkapnya.

2. Kepolisian akan mendukung kebijakan Gubernur Gorontalo

Ratusan Orang Hadiri Seremoni Penerapan PSBB Provinsi GorontaloSuasana pencanangan penerapan PSBB di Gorontalo, Senin (4/5). Elyas/IDN Times

Sementara itu, Karo Ops Polda Gorontalo, Kombes Pol. M. Pratama Adhyasastra mengatakan Polda mendukung penuh pelaksanaan PSBB di Gorontalo, “Kami sudah mendapat izin dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes)” katanya.

Ia juga menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan PSBB pihaknya sudah melakukan sosialisasi di 8 titik dan pada penerapan PSBB kali ini sosialisasi akan dilakukan di 11 titik.

“Adapun jamnya antara jam 7 (pagi) sampai dengan jam 17.00 WITA. Lalu kita sudah menggelar semacam imbauan, mungkin anggap saja itu gladi bersih dan nanti akan kita tingkatkan pembatasan. Di kita ada yang melaksanakan edukasi, mobil keliling yang nanti akan menyampaikan dan juga di setiap jalan di kota kita akan siapkan petugas,” urai Pratama usai launching dan sosialisasi PSBB hari pertama.

Ia pun mengungkapkan, masyarakat yang melakukan pelanggaran pada penerapan PSBB akan dilakukan sanksi teguran. 

Baca Juga: Kiat Pedagang Takjil di Gorontalo Cegah Penularan Virus Corona

3. Sosialisasi PSBB, Gubernur Gorontalo serahkan 9000 paket bantuan sembako

Ratusan Orang Hadiri Seremoni Penerapan PSBB Provinsi GorontaloIDN Times/Elias

Gubernur Rusli mengatakan telah memberikan 1000 paket sembako di Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo. Dan masih akan diserahkan 8000 paket yang akan dilakukan hari ini di Kota Gorontalo.

“Ini di luar bantuan pemerintah pusat, di luar bantuan pemerintah kota, ini langsung dalam agenda NKRI peduli. Kita dapat bantuan dari BAZNAS dan masyarakat terima secara gratis,” katanya.

Ia pun mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung dan mensukseskan pelaksanaan PSBB pemerintah provinsi dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona di Gorontalo.

Baca Juga: PSBB Gorontalo Dimulai Besok, Seluruh Akses Keluar Masuk Ditutup

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya