Polrestabes Makassar Terjunkan 1.626 Personel Gabungan saat Nataru

Polisi tetapkan titik pengamanan saat Nataru di Makassar

Makassar, IDN Times - Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2023-2024, Polrestabes Makassar telah menyiapkan 1.626 personel gabungan untuk menjaga keamanan selama 12 hari dalam Operasi Lilin.

Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Mokh. Ngajib, mengungkapkan bahwa personel ini akan terlibat dalam pengamanan yang dimulai dari tanggal 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024.

"Jadi nanti kita akan apel pasukan di Mapolda," ujar Kombes Ngajib di Polrestabes, Selasa sore (19/12/2023).

1. Pengamanan gereja

Polrestabes Makassar Terjunkan 1.626 Personel Gabungan saat NataruKapolrestabes Makassar, Kombes Pol Mokhamad Ngajib. IDN Times/Dahrul Amri Lobubun

Ngajib menekankan bahwa dalam Operasi Lilin, fokus utama adalah pengamanan 158 gereja di Kota Makassar. Dalam hal ini, 126 personie polisi akan disiagakan. Dari 20 gereja yang diprioritaskan, 12 orang polisi, 2 anggota TNI, dan 2 tim Gegana akan bergerak memantau untuk memastikan keamanan.

"Terdapat 11 pos penjagaan, 1 pos pelayanan, dan 1 pos terpadu pelaksanaan untuk mendukung operasi ini," tambah Ngajib.

2. Pengamanan tahun baru

Polrestabes Makassar Terjunkan 1.626 Personel Gabungan saat NataruKapolrestabes Makassar, Kombes Pol Mokhamad Ngajib. IDN Times/Dahrul Amri Lobubun

Untuk menjaga keamanan saat pergantian tahun, Polrestabes Makassar akan melibatkan 1.500 personel gabungan dari TNI, Polri, dan instansi terkait.

"Nanti pos pengamanan yang ada untuk Polrestabes itu kita melaksanakan sistem pendekatan di daerah perbatasan yang meliputi beberapa titik," jelas Ngajib.

Pola pendekatan di daerah perbatasan, termasuk beberapa titik seperti batas Kota Makassar dengan Gowa, pertigaan Jalan Talasalapang, pertigaan Minasaupa, perbatasan Patung Badik Hertasning, pertigaan Waduk Tunggu Pampang, dan perempatan BTP- Moncongloe Maros.

Baca Juga: Polrestabes Makassar Catat 102 Orang Tewas di Jalan Raya Selama 2023

3. Pantauan malam tahun baru

Polrestabes Makassar Terjunkan 1.626 Personel Gabungan saat NataruTitik-titik pengamanan saat Natal dan Tahun Baru di Makassar. IDN Times/Dahrul Amri Lobubun

Ngajib juga mengungkapkan rencana pengaturan lalu lintas saat malam tahun baru di sekitar Pantai Losari dan akses menuju wilayah CPI. Akan diterapkan sistem buka-tutup jalur lalu lintas untuk menjaga ketertiban, terutama di daerah anjungan Losari yang telah dibuka untuk CPI.

"Kita lihat dari pelaksanaan keramaian di Pantai Losari pada di malam tahun baru,  kita akan fokus di daerah anjungan Losari, karena saat ini sudah ada dibuka untuk CPI sehingga kita rencanakan untuk di CPI kita akan lakukan buka tutup," katanya.

Dengan langkah-langkah ini, Polrestabes Makassar berharap dapat menciptakan perayaan Natal dan Tahun Baru yang aman dan tertib bagi masyarakat.

Baca Juga: 4.895 Knalpot Brong Disita Polrestabes Makassar Sepanjang 2023

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya